Kemenhub Pasang Yellow Box di Perlintasan Kereta Api Kota Cirebon untuk Cegah Kecelakaan

- 20 September 2023, 18:00 WIB
Ditjen Perkeretaapian Kemenhub pasang yellow box di Kota Cirebon, Rabu 20 September 2023
Ditjen Perkeretaapian Kemenhub pasang yellow box di Kota Cirebon, Rabu 20 September 2023 /ANTARA/Fathur Rohman

PRFMNEWS - Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan memasang yellow box di perlintasan sebidang kereta api di Kota Cirebon dalam rangka antisipasi dan menekan angka kecelakaan.

Kasubdit Pencegahan dan Penegakan Hukum Direktorat Keselamatan Perkeretaapian Imam Prasetyo menjelaskan, salah satu yellow box dipasang di perlintasan Krucuk Cirebon.

"Di Jawa Barat salah satunya ada di perlintasan Krucuk Cirebon dan perlintasan Laswi Bandung," ujarnya seperti dilansir PRFMNEWS dari ANTARA, Rabu 20 September 2023.

Baca Juga: Keunggulan Mikrobus Pengganti Angkot di Kota Bandung Mulai 2024

Untuk tahun 2023 ini, Ditjen Perkeretaapian Kemenhub sedang proses memasang 10 yellow box di beberapa perlintasan sebidang kereta api di seluruh Indonesia sebagai langkah uji coba mencegah kecelakaan. Kemudian hasilnya akan dievaluasi.

"Kami di Kementerian Perhubungan mulai tahun ini sudah memprogramkan pemasangan yellow box di perlintasan sebidang. Kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan di kereta api, tapi juga di perhubungan darat. Mulai September ini sudah dilakukan," ucap Imam.

Dijelaskan Imam, Yellow Box merupakan marka jalan berwarna kuning di pintu perlintasan yang berfungsi sebagai erly warning system.

Baca Juga: Bey Machmudin Berikan Pesan Khusus untuk Pj Wali Kota Bandung dan Pj Bupati Bandung Barat

Konsepnya yakni untuk memberikan informasi larangan kepada pengguna jalan bahwa di posisi yellow box harus steril.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x