Keunggulan Mikrobus Pengganti Angkot di Kota Bandung Mulai 2024

- 20 September 2023, 16:00 WIB
Sekda Kota Bandung Ema Sumarna saat menjelaskan tentang mikrobus pengganti angkot di Balai Kota Bandung, Minggu 17 September 2023
Sekda Kota Bandung Ema Sumarna saat menjelaskan tentang mikrobus pengganti angkot di Balai Kota Bandung, Minggu 17 September 2023 /Diskominfo Kota Bandung

PRFMNEWS – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berencana mengubah angkutan kota (angkot) menjadi mikrobus atau bus kecil. Program konversi ini merupakan salah satu bentuk transformasi transportasi umum di Kota Bandung agar lebih nyaman dan aman.

Berbeda dengan angkot, Pemkot Bandung menyatakan ada sejumlah keunggulan akan ditawarkan mikrobus kepada para penggunanya. Kelebihan inilah yang akan membuat penumpang lebih nyaman selama menumpanginya.

Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna saat peringatan Hari Perhubungan tingkat Kota Bandung di Balai Kota Bandung, Minggu 17 September 2023 mengatakan, pengguna mikrobus tidak akan merasakan transportasi publik ini ngetem menunggu penumpang.

Baca Juga: Diminta Tangani Masalah Sampah di Kota Bandung, ini Langkah dari Pj Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono

Sopir mikrobus, kata Ema Sumarna, juga tidak perlu dibayang-bayangi target kejar setoran selama bertugas. Pemkot Bandung pun akan menggaji sopir tersebut yang diberikan melalui operator pengelola mikrobus terkait.

"Jadi nanti diganti dengan public transport yang jauh lebih representatif dari kenyamanan juga keamanan, dan sopir sudah tidak ada lagi saling kejar-kejar setoran karena dia sudah dibayar oleh operator," ujar dia.

"Kita nanti menyubsidi para sopir angkot. Harapannya menjadi pegawai operator. Jadi mereka tidak terancam kehilangan pekerjaan, bahkan ada kepastian dalam sisi pendapatan," imbuhnya.

Terkait biaya operasional mikrobus, lanjut Ema, juga akan disubsidi langsung oleh Pemkot Bandung melalui anggaran yang disiapkan. Sehingga mikrobus akan beroperasi lebih teratur sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Baca Juga: Butuh 5 Tahun untuk Pindahan PT Pindad Bandung ke Subang, Dirut: Buffer Zone Harus Diperhitungkan

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x