Butuh 5 Tahun untuk Pindahan PT Pindad Bandung ke Subang, Dirut: Buffer Zone Harus Diperhitungkan

- 20 September 2023, 11:00 WIB
Panser Anoa PT Pindad.
Panser Anoa PT Pindad. /PT Pindad

PRFMNEWS - PT Pindad (Persero) terus melakukan pematangan berbagai aspek persiapan terkait rencana pemindahan perusahaan pertahanan tersebut ke Kabupaten Subang, Jawa Barat sebagai langkah pengembangan perusahaan.

Direktur Utama (Dirut) PT Pindad Abraham Mose mengatakan, proses perpindahan dari Bandung ke Subang akan terealisasi dalam waktu yang tidak sebentar, bahkan bisa bertahun-tahun.

"Terus kami matangkan persiapan. Karena kalau kita bicara pindah itu, kan ada tahapan ya, mungkin sekitar empat atau lima tahun ke depan," kata Abraham, dikutip prfmnews.id dari ANTARA, Selasa 19 September 2023.

Baca Juga: Persiapan Jokowi Sebelum Pindahkan PT Pindad dari Bandung ke Subang

Abraham menjelaskan, untuk melakukan perpindahan PT Pindad selaku perusahaan pertahanan dari Bandung ke Subang, dibutuhkan perhitungan yang matang, termasuk terkait faktor lingkungan sekitar hingga segi keamanan.

"Apalagi kalau kita harus pindah yang merupakan industri pertahanan, buffer zone itu kita harus perhitungkan. Karena kan juga terkait dengan bahan peledak," terangnya.

Dia lanjut mengungkapkan terkait calon lokasi PT Pindad di Subang yang rencananya akan menempati lahan milik Kementerian BUMN. Pihaknya sudah menerjunkan tim untuk meninjau sejumlah lokasi yang akan menjadi pertimbangan tempat baru pabrik senjata itu.

"Kami lagi cari lokasi, ada tanah yang di Subang, tanah-tanah Kementerian BUMN, nanti kami akan deal. Kami sudah survei lapangan awal, tetapi ada beberapa alternatif. Mungkin saja juga di tempat lain," ujarnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x