KAI Bongkar Rahasia Proses Isi Bahan Bakar Kereta Api di Lokasi Khusus, Bagaimana Jika Habis di Perjalanan?

- 29 April 2024, 08:00 WIB
Proses pengisian bahan bakar lokomotif Kereta Api
Proses pengisian bahan bakar lokomotif Kereta Api /Dok PT KAI

PRFMNEWS – Sudah tahu cara pengisian bahan bakar pada lokomotif kereta api (KA)? PT KAI baru-baru ini menjelaskan proses pengisian bahan bakar lokomotif kereta api termasuk siapa petugas yang melakukannya, jenis bahan bakar, hingga di mana lokasi untuk isi bahan bakar ini?

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan proses pengisian bahan bakar lokomotif kereta api berbeda dengan pengisian bahan bakar pada sepeda motor atau mobil. Proses pengisian pada lokomotif memiliki karakteristik yang khas serta memerlukan keahlian khusus.

Langkah-langkah mengisi bahan bakar lokomotif KA dimulai dengan memposisikan lokomotif tepat pada jalur pengisian bahan bakar. Petugas akan mengamankan lokomotif selama proses ini berlangsung.

Kemudian, mereka akan memastikan jumlah bahan bakar yang tersedia dan menentukan jumlah yang perlu ditambahkan. Pengisian dilakukan oleh petugas khusus menggunakan peralatan seperti nozzle gun, flow meter, dan fuel pump.

Proses pengisian bahan bakar dilakukan oleh petugas khusus yang memiliki kompetensi khusus dan telah dilatih oleh PT Pertamina Patra Niaga. Petugas ini harus memiliki kompetensi khusus dan terlatih.

“Mereka bertanggung jawab untuk memastikan keselamatan, manajemen lingkungan, ketersediaan bahan bakar, dan keandalan peralatan,” tutur Joni.

Kapasitas tangki bahan bakar pada lokomotif bervariasi tergantung pada jenisnya, namun rata-rata berkisar antara 3000-3800 liter. Untuk lokasi tangki bahan bakar pada lokomotif terletak di bagian tengah bawah, antara bogie 1 dan bogie 2.

Pengisian bahan bakar disesuaikan dengan jarak yang akan dilayani oleh kereta api. Untuk mengetahui jarak yang dapat ditempuh dengan bahan bakar yang terisi penuh, hal ini tergantung pada jenis lokomotifnya karena SFC (Specific Fuel Consumption) dari masing-masing jenis lokomotif berbeda.

Namun untuk perkiraan rata-rata, jarak yang dapat ditempuh dengan kapasitas bahan bakar penuh sekitar 3000 liter adalah sekitar 1.034 kilometer. KAI menggunakan SAP Personas untuk menghitung kebutuhan bahan bakar dengan presisi sehingga tidak akan kehabisan bahan bakar ditengah perjalanan.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x