Layani Keberangkatan Calon Haji, BIJB Kertajati Siapkan Fasilitas Tambahan Guna Tingkatkan Kenyamanan

- 5 Mei 2024, 05:00 WIB
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin mengecek langsung ke BIJB Kertajati, Jumat 3 Mei 2024
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin mengecek langsung ke BIJB Kertajati, Jumat 3 Mei 2024 /Humas Jabar

PRFMNEWS – Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati akan melayani keberangkatan jemaah calon haji asal Jawa Barat (Jabar) pada 12 Mei 2024 mendatang. Untuk mengetahui progres kesiapan, Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin mengecek langsung ke bandara yang berlokasi di Kabupaten Majalengka itu.

Dari hasil pengecekan, Bey Machmudin mendorong pihak BIJB Kertajati segera menyiapkan sejumlah fasilitas tambahan atau pendukung guna meningkatkan kenyamanan para jemaah calon haji yang bakal terbang ke Tanah Suci dari bandara internasional terbesar kedua di Indonesia setelah Bandara Soekarno Hatta itu.

Bey mengungkapkan Bandara Kertajati akan melayani 13.000 jemaah calon haji dari wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan (Ciayumajakuning), Kabupaten Subang, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Bandung, dan Kota Bandung. Dari total tersebut, jemaah lanjut usia (lansia) menjadi yang paling banyak.

Baca Juga: Bey Machmudin Minta Pihak Bandara Kertajati Beri Perhatian Pada Calon Jemaah Haji Lansia

Untuk merespons banyaknya jemaah calon haji lansia yang akan terbang dari Bandara Kertajati dengan jadwal berangkat kloter pertama pada 12 Mei 2024, Bey menyampaikan telah disiapkan 10 kursi roda dan 2 mobil golf car untuk memberikan kenyamanan dan rasa aman kepada mereka.

"Kursi roda menyiapkan yang sudah tersedia 10 dan menyiapkan akan ada juga golf car dua. Intinya kami ingin jemaah itu mudah aman pada saat berangkat dan pulang," tuturnya, Jumat 3 Mei 2024.

Selanjutnya dari hasil perbincangan dengan Dirut BIJB saat mengecek beberapa fasilitas di BIJB Kertajati, Bey meminta agar dilakukan penambahan beberapa tanda-tanda penunjuk arah hingga aktivitas lain yang akan membuat bandara kebangaan warga Jabar ini lebih ramai.

Baca Juga: 13 Ribu Jemaah Haji Jabar Akan Terbang dari Bandara Kertajati

"Memang saya minta ke Pak Dirut (BIJB) harus ada tanda-tanda arah, juga jangan terlalu sepi bandaranya karena (agar) memberikan kepada jemaah yang akan berangkat itu keceriaan, kebahagiaan," ucapnya.

Bey juga meminta pihak bandara untuk memperhatikan pelayanan kepada jemaah calon haji yang banyak didominasi lansia agar mereka merasa nyaman dan aman selama berada di area Bandara Kertajati.

"Tadi kita lihat semuanya sudah cukup baik tinggal nanti saya minta seperti misalnya cleaning service toilet diperbanyak dan petugas mendampingi para jemaah ini saya mendapatkan informasi dari Pak Kanwil sebagian besar lansia (berangkat haji)," ungkapnya.

Diketahui, total jemaah calon haji yang akan berangkat dari Provinsi Jawa Barat sebanyak 40.000 orang. Sebanyak 13.000 jemaah bakal berangkat dari Bandara Kertajati sisanya akan terbang dari Bandara Soekarno Hatta.***

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah