Kabar Terbaru Rencana Reaktivasi Jalur KA Banjar-Pangandaran dan Ciwidey Bandung

- 17 Mei 2024, 11:00 WIB
Jembatan KA Sadu, salah satu jembatan kereta di jalur KA Bandung - Ciwidey.
Jembatan KA Sadu, salah satu jembatan kereta di jalur KA Bandung - Ciwidey. /BUDI SATRIA/PRFM

PRFMNEWS - Beberapa waktu lalu Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat (Jabar) Bey Machmudin mengungkap rencana reaktivasi jalur kereta (KA) Bandung-Ciwidey dan juga Banjar-Pangandaran yang sudah lama mati.

Demi merealisasikan reaktivasi jalur KA yang diharapkan mendorong geliat pariwisata di Bandung dan Pangandaran ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar intens mendorong percepatan reaktivasi insfrakstruktur perkeratapian di Jabar ini dengan pemerintah pusat.

Bey Machmudin mengungkapkan selain fokus pada rencana reaktivasi KA di Jabar, Pemprov Jabar juga fokus pada proyek elektrifikasi kereta jalur Padalarang-Cicalengka dan pembangunan LRT Bandung Raya.

Baca Juga: PT KAI Ungkap Kondisi Terkini Jalur Kereta Bandung-Ciwidey dan Banjar-Pangandaran yang Diusulkan Aktif Kembali

"Kemarin saya ke Jakarta bertemu dengan Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Bappenas membahas ulang tentang LRT, elektrifikasi kereta yang dari Padalarang sampai Cicalengka dan reaktivasi jalur kereta," kata Bey Machmudin di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis, 16 Mei 2024.

Bey mengatakan, pihak Bappenas merespons baik dan juga mendukung proyek reaktivasi jalur KA Banjar-Pangandaran dan jalur KA Ciwidey-Bandung.

"Respons sangat baik, kami berbicara sangat detail dan mereka sangat mendukung percepatan dan ini dalam progres," kata Bey.

Baca Juga: Untuk Reaktivasi Kereta Bandung-Ciwidey dan Banjar-Pangandaran, Pemprov Jabar Segera Lakukan Arahan Kemenhub

"Ada harapan bisa dimajukan untuk reaktivasi dan elektrifikasinya," tambahnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah