PT KAI Ungkap Kondisi Terkini Jalur Kereta Bandung-Ciwidey dan Banjar-Pangandaran yang Diusulkan Aktif Kembali

- 8 Maret 2024, 13:30 WIB
Jembatan kereta Sadu di Soreang yang merupakan salah satu perlintasan kereta Bandung - Ciwidey yang sudah lama tidak aktif.
Jembatan kereta Sadu di Soreang yang merupakan salah satu perlintasan kereta Bandung - Ciwidey yang sudah lama tidak aktif. /BUDI SATRIA/PRFM

PRFMNEWS - Sejak puluhan tahun lalu, jalur kereta Bandung-Ciwidey dan Banjar-Pangandaran tidak beroperasi.

Kini, kedua jalur kereta yang merupakan akses menuju lokasi wisata tersebut diusulkan untuk diaktifkan kembali atau direaktivasi.

Terkait adanya usulan reaktivasi jalur kereta Bandung-Ciwidey dan Banjar-Pangandaran, PT KAI Daop 2 Bandung mengungkap kondisi terkini dua jalur kereta tersebut.

Menurut Manajer Humas KAI Daop 2 Bandung Ayep Hanapi, sudah ada perubahan pada kedua jalur kereta yang diusulkan direaktivasi tersebut.

Kedua jalur yang sudah lama tidak aktif itu telah mengalami berbagai perubahan sejak masa jayanya.

Baca Juga: Terungkap, Penyebab Reaktivasi Jalur Kereta Api Rute Bandung-Ciwidey Masih Harus Tertunda

Menurut Ayep, bangunan perkeretaapian dan jalur kereta Banjar-Pangandaran dan Bandung-Ciwidey masih ada dengan kondisi beragam mulai dari yang rusak sampai dimanfaatkan pihak lain dengan mekanisme sewa.

Untuk kondisi jalur lintas Banjar-Pangandaran dan Bandung-Ciwidey, sebagian masih terlihat dan kebanyakan telah tertutup termasuk oleh aspal menjadi jalan.

"Untuk kedua jalur itu, menggunakan rel ukuran R25, di mana sebagian masih ada dan sebagian sudah hilang, begitu juga jembatannya," kata Ayep dikutip dari ANTARA.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x