Bakal Jadi Lokasi Event Gemericik, Ruang Terbuka Hijau di Kota Bandung ini Dibikin Kinclong

- 16 Mei 2024, 21:00 WIB
Ruang terbuka hijau kawasan Jalan Siliwangi yakni Teras Cikapundung, Kota Bandung, Kamis 16 Mei 2024
Ruang terbuka hijau kawasan Jalan Siliwangi yakni Teras Cikapundung, Kota Bandung, Kamis 16 Mei 2024 /Diskominfo Kota Bandung

PRFMNEWS – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan menggelar event “Gemericik” alias Gelaran Mengekspresikan Rindu Cikapundung berlokasi di ruang terbuka hijau kawasan Jalan Siliwangi yakni Teras Cikapundung. Jelang pelaksanaan acara tersebut, Pemkot Bandung dibantu masyarakat membersihkan area Teras Cikapundung, Kamis 16 Mei 2024.

Rencananya, Gemericik akan menjadi event weekly atau mingguan, meski begitu Pemkot Bandung masih belum merincikan konsep acara dan jadwal event tersebut. Adapun kegiatan Bebersih dan Uji Panggung Teras Cikapundung yang dilakukan pada Kamis pagi ini merupakan rangkaian agenda menyambut akan digelarnya Gemericik.

Sekitar 300 peserta ambil bagian dalam kegiatan Bebersih dan Uji Panggung Teras Cikapundung Road to Gemericik. Mereka terdiri atas tim dari Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Bandung, komunitas, dan masyarakat pecinta alam yang berlangsung dari pukul 07.30-10.30 WIB.

Plh Sekretaris Daerah Kota Bandung Hikmat Ginanjar saat apel pagi sebelum bersih-bersih berpesan kepada seluruh elemen Kota Bandung agar menjaga fasilitas publik dan potensi luar biasa yang dimilikinya termasuk Teras Cikapundung.

Hikmat menyebut kegiatan bersih-bersih ini adalah langkah awal menuju penataan kawasan Teras Cikapundung. Kegiatan ini juga merupakan komitmen Pemkot Bandung dalam menghadirkan fasilitas publik yang nyaman dan bisa dinikmati bersama.

"Kota Bandung dianugerahi indeks kebahagiaan dan usia harapan hidup yang tinggi. Kami menilai dua hal ini perlu didukung dengan fasilitas publik yang nyaman bagi semua," ujar dia.

Hikmat mengingatkan agar masyarakat bersama-sama menjaga suasana asri di Teras Cikapundung yang merupakan ruang terbuka hijau. Sumbangan oksigen besar dari pohon-pohon di kawasan tersebut, imbuhnya, akan meningkatkan kebahagiaan dan menjadikan warga lebih sehat.

"Jika kita sehat dengan suasana alam yang sehat, oksigen melimpah, timbal di dalam tubuh kita akan berkurang. Dan jika kita mengelola hati dan berfikir kebahagian, maka hormon beta endorfin akan memancarkan ketenangan," terangnya.

Hikmat juga menyebut, kawasan Teras Cikapundung selain bisa dinikmati keasriannya, juga bisa digunakan masyarakat untuk aktivasi kegiatan mulai dari pertunjukkan seni, olahraga (senam), hingga kegiatan diskusi publik.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah