Ngeri, Modus Begal di Bogor Jual Mobil Bekas Sudah Dipasangi GPS untuk Jadi Target Pencurian

- 18 Mei 2024, 07:00 WIB
Ilustrasi begal
Ilustrasi begal /Dok PRFM

PRFMNEWS – Waspada modus baru pencurian kendaraan di mana pelaku menjual mobil bekas atau seken yang sengaja sudah dipasangi GPS untuk nantinya melacak keberadaan pembeli. Kejadian aksi begal dengan modus memasang GPS di mobil bekas yang dibeli calon korban ini terjadi di Kelurahan Tajur, Kota Bogor, Jawa Barat, pada April 2024.

Atas kejadian begal mobil bekas dipasangi GPS oleh pelaku, Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso mengimbau masyarakat agar lebih berhati-hati jika membeli kendaraan bermotor seken. Karena bisa saja mobil yang dibeli itu sebelumnya dipasangi GPS untuk di kemudian harinya jadi incaran pelaku pencurian.

“Hati-hati dalam bertransaksi mobil, kita harus yakinkan beli mobil bekas harus di tempat terpercaya. Pengalaman dari kasus ini ternyata beli mobil seken itu ternyata dipasangi GPS dan dicuri kembali oleh pelaku dengan cara sadis,” jelas dia di Bogor, Kamis 15 Mei 2024.

Kejadian begal sadis di Bogor pada April 2024, ujar Bismo, menimpa korban berinisial H (21) hingga mengalami luka bahkan koma di rumah sakit. Ternyata, H sebelumnya membeli mobil bekas yang dijual salah satu pelaku begal tersebut yang rupanya sudah dipasang GPS.

“Jangan sampai kejadian pencurian mobil yang menyebabkan korban berinisial H mengalami luka hingga koma itu terulang lagi. Sebab, mobil bekas yang dibeli korban rupanya dipasang GPS sehingga para pelaku mengincar mobil bekas yang dibeli korban dari salah seorang pelaku,” jelasnya.

Saat beraksi, lanjut Bismo, pelaku melakukannya secara berkelompok. Tidak hanya di wilayah Bogor, para pelaku ternyata sudah pernah beraksi dengan modus serupa di wilayah Palembang, Lampung, dan Tangerang.

“Jadi misal kalo dari wilayah lain ingin mencari barang bukti atau laporan polisi serupa bisa berkoordinasi dengan kami, karena pelaku tidak hanya beraksi di Bogor,” ucapnya.

Di samping itu, Bismo menyampaikan, polisi saat ini masih mendalami berapa unit mobil yang dijual oleh para pelaku dengan modus yang sama tersebut.

Sebelumnya, Polresta Bogor Kota berhasil membekuk empat dari enam pelaku begal mobil di wilayah Kecamatan Bogor Timur, yang menyebabkan korban mengalami luka-luka hingga koma karena mempertahankan mobilnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah