Kapan Exit Tol KM 149 Gedebage Dibuka? Pj Wali Kota Bandung Ungkap Jadwalnya

- 17 Mei 2024, 07:20 WIB
Jalan baru akses ke Masjid Raya Al Jabbar, Summarecon Mall Bandung, Stasiun Kereta Cepat Tegalluar dan Stadion GBLA diresmikan Kamis 16 Mei 2024
Jalan baru akses ke Masjid Raya Al Jabbar, Summarecon Mall Bandung, Stasiun Kereta Cepat Tegalluar dan Stadion GBLA diresmikan Kamis 16 Mei 2024 /Diskominfo Kota Bandung



PRFMNEWS - Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono mengungkap update jadwal rencana pembukaan kembali akses Exit Tol KM 149 Gedebage pada ruas Jalan Tol Padaleunyi (Padalarang-Cileunyi) yang sebelumnya ditutup lagi sejak Januari 2024. Kepastian jadwal kembali dibukanya Gerbang Tol KM 149 ini disampaikan Bambang usai peresmian Jalan Simpang Gedebage Selatan pada Kamis, 16 Mei 2024.

Bambang memastikan progres perbaikan struktur jalan pada flyover menuju Exit Tol KM 149 Padaleunyi sudah akan selesai dan kemudian pintu tol yang sudah dinantikan untuk kembali dioperasikan guna mengurai kemacetan di kawasan Gedebage ini dapat segera terealisasi. Ia menyebut Gerbang Tol KM 149 Gedebage akan dibuka lagi sebelum tanggal 17 Agustus 2024.

“Pokoknya sebelum tanggal 17 Agustus (Exit Tol KM 149 Gedebage) sudah bisa difungsikan,” kata Bambang dikutip dari ANTARA.

Kabar kembali difungsikannya Exit Tol KM 149 Gedebage ini memang telah ditunggu sejumlah pihak lantaran akses jalur tersebut dapat mengurai kemacetan di kawasan Bandung Timur khususnya Gedebage yang kini memiliki beberapa destinasi menarik seperti Masjid Raya Al Jabbar, Summarecon Mall Bandung, Stasiun Kereta Cepat Tegalluar, hingga Stadion Bandung Lautan Api (GBLA).

Baca Juga: Update Gerbang Tol KM 149 dan KM 151 yang Diharapkan Jadi Solusi Kemacetan di Gedebage Bandung

Bambang mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mempunyai rencana besar untuk mengembangkan kawasan Gedebage, salah satunya dengan akses jalan yang lebih memadai. Keberadaan Gerbang Tol KM 149 Padaleunyi menurutnya juga sangat dibutuhkan untuk membantu pengembangan kawasan Gedebage yang potensial menjadi pusat perekonomian baru di Kota Bandung.

Bambang menyebut saat ini pihak Summarecon bersama Pemkot Bandung dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah meresmikan jalan baru sebagai akses alternatif bagi pengendara untuk bisa menjangkau Summarecon Mall Bandung dan pusat-pusat keramaian lain seperti Masjid Raya Al Jabbar hingga Stasiun Whoosh Tegalluar, yakni Jalan Simpang Gedebage Selatan.

Keberadaan Jalan Simpang Gedebage Selatan dan tentunya Exit Tol KM 149 Padaleunyi sangat diperlukan sebagai solusi mengatasi penumpukan kendaraan mengingat animo masyarakat yang begitu tinggi menuju beberapa destinasi menarik di kawasan Gedebage tersebut khususnya pada akhir pekan dan masa liburan panjang.

"Peresmian akses menuju kawasan Masjid Raya Al Jabbar menjadi penting karena sangat luar biasa animo masyarakat untuk menuju ke sana. Kemudian juga kita punya Stasiun Whoosh Tegalluar, juga ada pusat perdagangan baru di Summarecon," paparnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah