Pemda Banjar dan Tasikmalaya Usulkan Trayek Kereta Api Eksekutif Rute Langsung ke Jakarta

- 19 September 2023, 14:00 WIB
Stasiun Tasikmalaya.
Stasiun Tasikmalaya. //PR TASIKMALAYA/Andrian Rochmansyah Pratama

PRFMNEWS – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 2 Bandung menyampaikan sejumlah pemerintah daerah (pemda) di wilayah Priangan Timur, Jawa Barat (Jabar), seperti Banjar dan Tasikmalaya mengusulkan ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub) adanya kereta api (KA) komersial kelas eksekutif dengan rute langsung ke Jakarta maupun sebaliknya.

Usulan disediakannya kereta api kelas eksekutif rute langsung ke Jakarta dari Banjar melewati Tasikmalaya maupun sebaliknya oleh pemda kedua daerah di Priangan Timur Jabar itu bertujuan untuk semakin memudahkan mobilisasi masyarakat.

"Pemda meminta ada eksekutifnya, pemda antara lain Banjar, Tasikmalaya, saya lupa ya pokoknya dari wilayah Priangan Timur lah ada yang meminta," kata Manajer Humas PT KAI Daop 2 Bandung Mahendro, dikutip prfmnews.id dari ANTARA, Senin 18 September 2023.

Baca Juga: KCJB Siap Beroperasi, Dadang Supriatna Bahagia Karena Bisa Bantu Pertumbuhan Ekonomi Bandung Raya

Mahendro mengatakan, PT KAI khususnya di Daop 2 Bandung pada dasarnya siap membuka relasi baru kereta api komersial selama ada usulan dan persetujuan dari Kemenhub untuk relasi Stasiun Banjar – Stasiun Gambir, Jakarta.

Menurutnya, relasi tambahan di jalur Priangan Timur menuju Jakarta itu sudah dibahas, namun segala keputusan ada di tangan Kemenhub, sedangkan PT KAI hanya pelaksana atau operator sarana pelayanan KA.

Pemda Priangan Timur Jabar tersebut, imbuhnya, juga sudah melayangkan surat usulan dengan tembusan PT KAI Daop 2 Bandung yang mengharapkan adanya layanan KA kelas eksekutif untuk bisa terhubung dengan stasiun di Jakarta.

"Dia sudah bersurat resmi ke Kementerian Perhubungan untuk meminta ada tambahan kereta," tuturnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x