Ada Perubahan Regulasi, Disdik Pastikan PPDB Jabar 2024 Akan Lebih Baik Berkat Sejumlah Persiapan

- 3 Mei 2024, 05:30 WIB
Ilustrasi PPDB
Ilustrasi PPDB /Dok PRFM

PRFMNEWS – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Jawa Barat (Jabar) tahun ajaran 2024/2025 akan segera dimulai tepatnya Juni 2024. Berbagai persiapan termasuk aturan terus dikebut oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar guna memastikan seluruh proses PPDB 2024 berjalan lancar dan lebih baik.

Kepala Disdik Jabar Wahyu Mijaya menyampaikan akan ada perubahan aturan atau regulasi pada proses PPDB 2024 yang bakal dilakukan sosialisasi kepada masyarakat dalam waktu dekat. Perubahan ini dilakukan dari hasil evaluasi pelaksanaan PPDB tahun 2023.

Ketentuan aturan baru, kata Wahyu, masuk dalam agenda persiapan PPDB Jawa Barat 2024 yang dilakukan Disdik, selain persiapan pembaharuan aplikasi yang akan digunakan untuk proses pendaftaran secara online sehingga akan berfungsi secara lebih baik.

Baca Juga: Peringatan Hardiknas, Andri Rusmana Soroti PPDB di Kota Bandung

“Regulasi kita berproses, sudah di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), lagi proses evaluasi. Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak lama itu bisa keluar selesai evaluasinya,” ujar dia.

Lebih rinci Wahyu menjelaskan regulasi baru terkait tahapan pendaftaran calon peserta didik yang tengah dipersiapkan itu berkaitan dengan PPDB 2024 sistem zonasi jenjang SMA/SMK sederajat.

Perubahan aturan PPDB 2024 sistem zonasi jenjang SMA/SMK sederajat di Jawa Barat, imbuhnya, merujuk pada ketentuan Keputusan Sekretaris Jenderal (Kepsesjen) Kemendikbud yang baru.

Baca Juga: Program Besti Digulirkan, Suci Rizki Ucapkan Terima Kasih Kepada Bupati Bandung

Dalam regulasi PPDB 2024 sistem zonasi yang baru ini, jelasnya, periode perpindahan calon peserta didik minimal sudah lebih dari satu tahun sebelum tahap pendaftaran PPDB dibuka, dan calon peserta didik pindah bersama orangtua atau walinya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah