3 Instruksi Bey Machmudin ke Pemda Dekat Bandara Kertajati Jelang Pindahan Penerbangan dari Husein Bandung

- 19 Oktober 2023, 16:00 WIB
Penjabat Gubernur Jabar Bey Machmudin (tengah) saat meninjau persiapan BIJB Kertajati, Rabu, 18 Oktober 2023./Humas Jabar
Penjabat Gubernur Jabar Bey Machmudin (tengah) saat meninjau persiapan BIJB Kertajati, Rabu, 18 Oktober 2023./Humas Jabar /

PRFMNEWS – Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin menginstruksikan 3 (hal kepada para bupati dan wali kota yang daerahnya berada di sekitar Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka jelang pemindahan rute penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung mulai 29 Oktober 2023.

Bey Machmudin mengaku Pemprov Jabar sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kota/Kabupaten sekitar BIJB Kertajati termasuk Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan (Ciayumajakuning) untuk menjalankan 3 instruksi darinya jelang pemindahan 7 (tujuh) rute penerbangan domestik dari Bandara Husein Sastranegara Bandung.

Tiga instruksi ini, kata Bey Machmudin, bertujuan agar para kepala daerah di sekitar Bandara Kertajati memanfaatkan peluang dan mengoptimalkan potensi ekonomi yang akan muncul dari pemindahan rute-rute penerbangan pesawat jet dari Bandara Husein Sastranegara.

Baca Juga: Kebakaran di Cibaduyut Sebabkan Rumah dan Gudang Hangus Dilahap Api

Selain melayani rute penerbangan dalam negeri, Bandara Kertajati yang akan beroperasi penuh mulai 29 Oktober 2023 juga akan membuka peluang peningkatan potensi ekonomi dengan dibukanya pula rute internasional dari/ke Kuala Lumpur, Malaysia oleh maskapai Malaysia Airlines.

"Mereka (Pemda kota dan kabupaten) di sekitar wilayah bandara ini siap menyambut baik dan bekerja sama dengan asosiasi pariwisata untuk mengadakan tur dekat-dekat sini, menyiapkan UMKM, dan kerajinan-kerajinan lokal akan ditampilkan di bandara ini," ujar Bey menyebutkan tiga arahan yang disampaikannya kepada para kepala daerah, Rabu 18 Oktober 2023.

Bey yang menemani Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau persiapan BIJB Kertajati itu juga yakin bahwa masyarakat selaku calon penumpang maupun subjek ekonomi akan menyambut baik penerbangan pesawat jet yang akan dimulai di bandara terbesar kedua di Indonesia itu pada 29 Oktober 2023.

Baca Juga: Kesiapan Dinkes Kabupaten Bandung Jelang Pemilu 2024

"Saya optimistis masyarakat Jawa Barat menyambut baik kehadiran (penerbangan pesawat bermesin jet) di Kertajati ini," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah