Kabar Terbaru Proyek Tol Cigatas, Jalan Bebas Hambatan yang Bakal Meringkas Waktu Tempuh Bandung - Garut

- 26 April 2024, 06:00 WIB
Tangkapan layar dari atas terpantau ada satu jalur yang terputus alias belum nyambung atau belum selesai pengerjaan Tol Cigatas
Tangkapan layar dari atas terpantau ada satu jalur yang terputus alias belum nyambung atau belum selesai pengerjaan Tol Cigatas /channel youtube Eko Azza

PRFMNEWS - Keberadaan Jalan Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas) diyakini bakal menjadi solusi mengurai kemacetan lalu lintas di sejumlah ruas jalan utama penghubung wilayah Bandung dan Garut, Jawa Barat.

Jalan Tol Cigatas yang kerap disamakan namanya dengan proyek Jalan Tol Getaci (Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap) ini diyakini bakal menjadi pengurai kemacetan di Jaluur Bandung - Garut ketika mudik Lebaran.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Garut Iptu Aang Andi Suhandi menilai, ketika nanti selesai dibangun, Jalan Tol Cigatas akan mengurangi kepadatan di jalur utama Kabupaten Garut, baik itu Jalur Kadungoora dan Limbangan-Malangbong.

Baca Juga: Waspada Macet, 2 Kampus Besar di Kota Bandung Gelar Wisuda Sabtu Besok

"Jika Jalan Tol Cigatas sudah selesai, tentu ini akan menjadi salah satu solusi untuk mengurangi kepadatan di jalur utama wilayah Kabupaten Garut, baik di jalur Kadungora dan Limbangan-Malangbong," paparnya belum lama ini.

Lama waktu tempuh perjalanan rute Bandung-Garut saat melintasi Tol Cigatas yang diyakini akan mampu menekan kemacetan di titik-titik ruas jalan tertentu ini juga akan menjadi lebih singkat.

Adapun titik rawan macet antara lain Jalan Raya Bandung-Garut wilayah Kadungora, Leles, dan Tarogong, serta jalur nasional Limbangan-Malangbong.

Baca Juga: Atasi Macet, Pemkot Bandung Bakal Terapkan Braga Free Vehicle

Diungkap Iptu Aang, penyebab kemacetan di wilayah Garut antara lain kondisi luas jalan yang tidak berubah, sedangkan volume kendaraan setiap tahunnya terus bertambah sehingga terjadi kepadatan di jalan saat momentum tertentu termasuk musim mudik Lebaran.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x