Heboh Gas SO2 dari Gunung Ruang Menyebar ke Seluruh RI dan Berbahaya bagi Kesehatan, Ini Penjelasan Ahli

- 25 April 2024, 14:30 WIB
Gunung Raung.
Gunung Raung. /PVMBG/

PRFMNEWS - Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencabut peringatan risiko tsunami seiring menurunnya aktivitas erupsi Gunung Raung di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara pada Minggu, 21 April 2024. Meski begitu, level Gunung Ruang masih tetap di level IV (Awas).

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut ribuan warga mengungsi ke sejumlah titik akibat dampak erupsi Gunung Ruang.

Deputi Bidang Meteorologi, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Guswanto menjelaskan, erupsi Gunung Api Ruang di Sulawesi Utara memiliki dampak bagi dunia penerbangan. Musababnya, Volcanic Ash (VA) yang terlontar ke udara dapat merusak badan pesawat dan fungsi baling-baling pada pesawat turboprop atau mesin jet dalam pesawat turbofan.

"Oleh karena itu, deteksi dini dan informasi cuaca penerbangan sangat penting untuk keselamatan penerbangan," kata Guswanto.

Baca Juga: Aktivitas Meningkat, Gunung Raung Naik Status Waspada

Ada sebuah unggahan di TikTok yang menarasikan bahwa gas sulfur dioksida (SO2) dari erupsi gunung ruang sudah menyebar keseluruh indonesia dan menyebabkan hujan asam.

"Hallo teman2 aku cuma mau infokan kalo gas so2 yg di akibatkan erupsinya gunung ruang itu udah nyampe nyebar ke seluruh indonesia dan gas so2 bisa membuat hujan asam yg mampu merusak tanaman dan ga baik buat kesehatan napas," klaim salah satu unggahan yang beredar.

Setelah diteliti, unggahan soal SO2 itu berdasarkan data windy.com, situs prakiraan cuaca swasta yang dioperasikan oleh perusahaan asal Republik Ceko.

Namun, benarkah gas SO2 Gunung Ruang menyebar keseluruh Indonesia dapat menyebabkan hujan asam yang berbahaya?

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah