Mulai 10 Mei, Pemkot Bandung Terapkan Hari Bebas Kendaraan Setiap Jumat

- 2 Mei 2024, 20:00 WIB
Program Hari Bebas Kendaraan di Kota Bandung
Program Hari Bebas Kendaraan di Kota Bandung /Diskominfo Kota Bandung

PRFMNEWS - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan menerapkan program Friday Car Free atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor Setiap Jumat di lingkungan Balai Kota Bandung mulai Jumat, 10 Mei 2024.

Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono mengatakan Friday Car Free yang rencananya diberlakukan mulai Jumat 10 Mei 2024 ini berlaku untuk seluruh pegawai maupun pimpinan yang berkantor di Balai Kota Bandung.

"Pelaksanaan Friday Car Free ini kita akan mulai di lingkungan Balai Kota Bandung dulu. Minggu depan kita mulai," kata Bambang di Kota Bandung, Senin 29 April 2024.

Bambang menyebutkan tujuan pelaksanaan program Jumat bebas kendaraan ini sebagai salah satu upaya mendorong para pegawai di lingkungan Balai Kota Bandung beralih menggunakan angkutan umum.

Dia menilai saat ini pegawai Balai Kota Bandung lebih banyak menggunakan kendaraan pribadi baik kendaraan roda dua atau sepeda motor maupun roda empat atau mobil ketimbang naik transportasi umum.

"Nanti para pegawai memakai angkutan umum, ada yang pakai sepeda ada juga yang jalan kaki ke kantor. Pegawai dapat menggunakan transportasi yang disediakan," tutur dia.

Bambang mengungkapkan apabila penerapan program tersebut di Balai Kota Bandung lancar, maka akan diberlakukan lagi di dua lokasi lain yakni di kawasan perkantoran di Jalan Cianjur dan Sekretariat DPRD Kota Bandung.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung Asep Koswara menambahkan, pihaknya telah menyiapkan dua bus angkutan dengan penumpang kurang lebih 60 orang.

"Saat ini kita sedang siapkan lokasi untuk 'pick up pool'-nya," ungkap Asep.***

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah