Ridwan Kamil Ungkap Alasan dan Kelebihan Sistem WFA Bagi ASN Pemprov Jabar

- 20 Juni 2023, 20:40 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil pimpin apel pagi bersama aparatur sipil negara (ASN) di halaman depan Gedung Sate, Rabu 26 April 2023.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil pimpin apel pagi bersama aparatur sipil negara (ASN) di halaman depan Gedung Sate, Rabu 26 April 2023. /HUMAS JABAR

 

PRFMNEWS – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan latar belakang kenapa pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) memenuhi kualifikasi boleh menerapkan sistem Work From Anywhere (WFA) yang merupakan bagian dari konsep Mekanisme Kerja Dinamis (MKD).

Selain alasan, Ridwan Kamil juga menyebutkan kelebihan yang akan diperoleh ASN Pemprov Jabar dengan menerapkan sistem WFA sesuai konsep MKD.

Ridwan Kamil mengatakan, Jawa Barat merupakan provinsi pertama di Indonesia yang mempermanenkan dan menerapkan konsep MKD kepada para ASN yang masuk kriteria untuk diperbolehkan WFA.

Baca Juga: Luncurkan Aplikasi Bugar.id, Ridwan Kamil Sebut untuk Panduan ASN Berolahraga saat WFA

Latar belakang penerapan sistem WFA di Pemprov Jabar ini, kata Ridwan Kamil, karena sesuai hasil kajian selama pandemi Covid-19, ada PNS yang pekerjaanya tidak bertemu secara tatap muka langsung dengan masyarakat atau dapat diselesaikan tanpa harus ke kantor.

Ridwan Kamil menyampaikan bahwa kebijakan WFA ini diinisiasi oleh para ASN dengan komitmen pemberlakuan jam kerja tetap sama seperti ketika bekerja datang ke kantor.

"Durasi kerjanya sama, kan ada sistemnya," ucapnya, Senin 19 Juni 2023.

Alasan kedua, lanjut Ridwan Kamil, merujuk sebuah data di dunia bahwa ada rata-rata selama 32 hari orang itu sebenarnya tidak melakukan pekerjaan karena stres.

Baca Juga: Menanti Kepastian Penerapan Sistem WFA di Pemkot Bandung untuk Kriteria ASN Khusus

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x