Atasi Kegelisahan Akibat Covid-19, Unpad Buka Konsultasi Psikologi Daring Gratis

- 14 April 2020, 15:56 WIB
ILUSTRASI stres.*
ILUSTRASI stres.* /PIXABAY/

BANDUNG,(PRFM) - Pandemi Covid-19 yang saat ini melanda Indonesia telah mengakibatkan kehidupan sehari-hari menjadi serba tidak menentu.

Banyak aktivitas rutin yang harus disesuaikan, bahkan dihentikan sementara waktu akibat kebijakan untuk tinggal di rumah dan bekerja secara jarak jauh.

Bagi yang terbiasa beraktivitas di luar rumah, kondisi ini tentu dapat menimbulkan ketidakseimbangan psikologis. Terlebih lagi dengan adanya banyak kabar buruk dan rumor yang serba tidak pasti kebenarannya, mengakibatkan kegalauan dan kegelisahan semakin mengganggu, berujung kepada keputusasaan dan stres.

Hal ini bukanlah sesuatu yang sederhana di masa berjangkitnya virus Corona ini. Kondisi kejiwaan seperti ini memerlukan penanganan segera.

Orang yang mulai terganggu dengan kegelisahan seperti ini harus didampingi dan dibimbing oleh ahli yang mengerti, sehingga tidak berakhir pada kondisi yang lebih parah, melebihi masalah akibat virus Corona itu sendiri.

Baca Juga: Walaupun Hasil Rapid Test Negatif, Dokter: Tetap Harus Physical Distancing  

Universitas Padjadjaran (Unpad) sangat peduli dan faham keadaan tersebut. Upaya penanganan psikologis dilakukan untuk mengatasi permasalahan di tengah masa pandemi ini.

Bukan saja diperuntukkan untuk warga Unpad, namun lebih luas lagi, upaya ini merupakan wujud komitmen Unpad untuk menyentuh seluruh masyarakat.

Dalam masa pandemi Covid-19 ini, Unpad sedapat mungkin menyediakan layanan yang dapat dijangkau oleh masyarakat yang harus tinggal di rumah. Hal tersebut dilakukan dengan membuka layanan konsultasi psikologi secara daring (online).

Ini bukanlah sebuah layanan khusus untuk warga Unpad saja, melainkan untuk seluruh masyarakat yang dapat menggunakannya secara gratis.

Dengan menggunakan aplikasi Google Hangout, layanan ini diharapkan dapat dengan segera mencapai masyarakat yang membutuhkan pembimbingan psikologis secepat mungkin tanpa keharusan mereka untuk meninggalkan rumah.

Baca Juga: Presiden Jokowi Minta Mendagri Tegur Daerah yang Belum Siapkan Anggaran Covid-19

Penanganan psikologis daring tanpa pungutan biaya ini dilakukan melalui sebuah lembaga di bawah Fakultas Psikologi, yaitu Pusat Inovasi Psikologi (PIP) Universitas Padjadjaran.

PIP merupakan layanan konsultasi psikologi yang dikelola oleh akademisi dari Fakultas Psikologi Unpad. Berbeda dengan layanan Pusat Konseling Universitas Padjadjaran (PKUP) yang didirikan untuk melayani khusus sivitas akedmika Unpad, PIP merupakan pelayanan konsultasi psikologi untuk masyarakat umum.

Pelayanan konsultasi daring ini dilakukan melalui layanan percakapan (chat) dengan psikolog dalam aplikasi Google Hangout. Aplikasi ini pada umumnya sudah tersedia dalam telpon pintar berbasis Android.

Bila masyarakat tidak memilikinya, aplikasi ini dengan mudah dapat diunduh tanpa dipungut bayaran. Masyarakat yang membutuhkan layanan ini dapat mendaftarkan diri dan menentukan jadwal dengan cara mengirimkan alamat email ke admin di klinik.

Baca Juga: Inilah 8 Poin Edaran MUI Kota Bandung Terkait Covid-19, dan Panduan Ibadah Ramadhan

Pedaftaran dapat dilakukan setiap hari antara pukul 08.30 hingga 16.00 WIB. Setelah mendapatkan jadwal konsultasi, para calon klien akan diminta membaca dan mengisi formulir yang dikirimkan melalui email.

Selanjutnya, para klien dapat melakukan konsultasi sesuai jadwal dari rumah masing-masing. Jadwal konsultasi tersedia setiap hari antara pukul 09.00 hingga 15.30 WIB.

Konsultasi psikologi daring ini merupakan pengembangan layanan yang telah dirintis sejak lama.

Baca Juga: Dampak PSBB Jakarta, Jumlah ODP Baru di Kabupaten Garut Berkurang

Berawal dari sebuah Biro Konsultasi Psikologi di level fakultas pada tahun 1965, lembaga ini kemudian dikelola oleh rektorat dua tahun kemudian dengan nama Lembaga Psikologi – Universitas Padjadjaran.

Pada tahun 1991, lembaga ini berubah nama menjadi Laboratorium Pelayanan Psikologi Pada Masyarakat yang dikelola oleh Fakultas Psikologi Unpad.

Seiring berkembangnya kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap jasa pelayanan psikologi yang profesional, maka tanggal 4 Maret 2000 laboratorium ini resmi menggunakan nama Biro Pelayanan dan Inovasi Psikologi (BPIP).

Kinerja BPIP kemudian semakin difokuskan menjadi lembaga profesional dan berubah nama menjadi Pusat Psikologi Universitas Padjadjaran di tahun 2018. Selang dua tahun kemudian, di bulan Januari 2020, Rektor Unpad memutuskan lembaga ini menjadi Pusat Inovasi Psikologi (PIP) Universitas Padjadjaran.

Baca Juga: Legislator Sebut Perempuan Jadi Kaum Paling Serius Terdampak Covid-19

Layanan PIP meliputi asesmen psikologi seperti penelusuran minat bakat bagi individu atau pemetaan jenjang karier dalam organisasi, intervensi psikologi yang merupakan upaya pembekalan individual dalam menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan, riset dan pengembangan profesi, serta tes kemampuan belajar untuk level lanjutan (advance).

Dengan dikukuhkannya lembaga ini menjadi PIP, semakin terbukalah kesempatan sivitas akademika Fakultas Psikolgi Unpad untuk memberikan pengabdian kepada masyarakat, sekaligus berinovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanannya.

Salah satunya adalah konsultasi psikologi daring ini, yang lahir untuk menjawab permasalahan di masa pandemi ini.

Informasi tentang prosedur dan pendaftaran lebih lanjut dapat ditanyakan melalui layanan percakapan WA di 0811 207 4388, atau di www.pipunpad.id.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x