Pemerintah Optimalkan P3DN untuk Belanja Modal APBN Rp607 Triliun, Kejar Target Substitusi Impor

- 20 Oktober 2021, 19:10 WIB
 Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita /dok Kemenperin

PRFMNEWS - Komitmen pemerintah untuk menjadikan produk dalam negeri sebagai tuan rumah di negara sendiri dibuktikan dengan mengoptimalkan Program Peningkatan Penggunaan Dalam Negeri (P3DN) seluas-luasnya melalui belanja modal dan barang.

Apalagi potensi belanja modal untuk P3DN mencapai 31 persen dari total anggaran APBN 2021.

Pernyataan ini dibenarkan Menteri Koordinator Bidang Kematiriman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan saat membuka Rapat Koordinasi Tim Nasional Peningkatan Produk Dalam Negeri di Bogor, Senin 18 Oktober 2021.

Baca Juga: Viral di TikTok, Bank Indonesia Keluarkan Uang Koin Rp100 Ribu, Benarkah?

“Potensi untuk meningkatkan produk dalam negeri dalam belanja APBN cukup besar. Total APBN tahun 2021 sebesar Rp1.954,5 triliun, potensi P3DN melalui belanja modal dan barang pemerintah mencapai Rp607 triliun,” katanya.

Luhut meyakini angka ini masih mungkin ditingkatkan penggunaannya mengingat capital expenditure (capex) dari BUMN yang cukup besar.

“Apabila 20-30 persen capex BUMN dibelanjakan untuk produk dalam negeri, maka kita sudah menginvestasikan miliaran dollar AS untuk menggerakan perekonomian negara,” ujarnya.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartato yang turut membuka rakor pagi itu, mengatakan kemandirian bangsa bukanlah hal yang mustahil.

Baca Juga: Jangan Anggap Remeh, Ketahui 5 Tips Aman Konsumsi Air Minum Dalam Kemasan

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: Kemenperin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x