Bye Sembelit! Ini 5 Kebiasaan Baik yang Dapat Membantu Kamu Mencegah Sembelit

- 15 November 2022, 12:20 WIB
Ilustrasi Sembelit.
Ilustrasi Sembelit. /PIXABAY/

PRFMNEWS - Pernahkah perut kalian terasa begah karena diakibatkan sulit untuk buang air besar dalam satu hari, setelah mengonsumsi makanan tertentu, atau pola hidup kalian yang terlalu sibuk sehingga lupa untuk mengonsumsi makanan maupun minuman yang kaya akan serat?

Kondisi tersebut bisa dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, karena kita akan merasakan kenyang seharian, dan gelisah karena sulit untuk buang air besar (BAB) yang terasa nyeri dan tidak lancar.

Mungkin bisa jadi kalian terkena salah satu penyakit pencernaan umum, yang biasa disebut sembelit atau kata lainnya adalah konstipasi.

Baca Juga: Kenali 4 Kebiasaan Sehari-hari yang menyebabkan Sembelit, Dipaparkan dr Clarin Hayes

Namun tidak perlu khawatir, ada beberapa kebiasaan yang dapat bantu kamu untuk cegah sembelit, yuk simak penjelasannya di bawah ini. Keep scrolling ya gengs.

Apa itu Sembelit?

Sembelit merupakan sebuah gejala yang timbul diakibatkan dari kebiasaan pola makan yang berdampak pada terganggunya sistem pembuangan saluran pencernaan pada tubuh manusia.

Sembelit disebut dengan istilah konstipasi yang berasal dari bahasa latin dan memiliki arti ‘bergerombol bersama’ yang artinya menyusun ke suatu bentuk padat. Istilah ini telah populer dari abad ke-16, dan digunakan pada orang yang mengalami gangguan air besar dan ditemukan feses yang terakumulasi di dalam usus besar.

Penyebab Umum Sembelit

Untuk memahami cara mencegah sembelit, ada baiknya kamu mengetahui apa penyebabnya. Saat makanan melewati usus besar, tubuh kamu akan menyerap air darinya, dan apa yang tersisa membentuk tinja.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x