6 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Mengajukan Pinjaman Modal Usaha

- 21 September 2023, 07:50 WIB
Ilustrasi Pinjaman Modal Usaha
Ilustrasi Pinjaman Modal Usaha /prfmnews.id

PRFMNEWS - Modal memang bukan satu-satunya kebutuhan dalam mengembangkan usaha, namun tanpa modal yang cukup, Anda akan kesulitan untuk memenuhi berbagai kebutuhan tersebut. Karena itu, sebelum mulai menjalankan bisnis, pertimbangkan poin ini dengan baik. Pinjaman modal usaha yang diberikan oleh perusahaan keuangan bisa menjadi solusi kebutuhan tersebut.

Namun jangan sampai terlena, tidak sedikit pengusaha yang justru terjebak masalah keuangan karena kurang pandai mengelola modal yang berasal dari pinjaman. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui apa saja yang perlu dipertimbangkan sebelum mengajukan pinjaman untuk modal usaha.

Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Mengajukan Pinjaman Untuk Usaha

Baca Juga: KCIC Buka Lowongan Kerja Jelang Peresmian Kereta Cepat, Lamaran Dibuka hingga 31 Desember 2023

Kerja sama antara pengusaha dengan penyedia dana dalam berbisnis sudah lazim dilakukan. Ada yang membagi keuntungan sesuai kesepakatan. Namun ada juga yang mensyaratkan persentase dari modal. Artinya untung atau rugi, pebisnis harus membayar sekian persen dari modal ke pemilik dana.

Apa pun cara pembagian keuntungan, keduanya mengandung resiko. Bisnis merupakan bentuk usaha yang mempunyai kemungkinan untung dan rugi. Dengan pengelolaan dan perencanaan yang tepat, potensi kerugian bisa diminimalkan dan keuntungan bisa dimaksimalkan. Beberapa poin berikut perlu dipertimbangkan sebelum mengajukan pinjaman modal usaha:

1.   Rencanakan bisnis dengan benar

Tidak sedikit pebisnis yang gagal karena kurang merencanakan usahanya dengan benar. Sebagai contoh melihat pebisnis lain yang sukses dengan sebuah usaha kemudian ikut membukanya sedangkan belum mempunyai pengalaman yang cukup.

Memang benar, bisnis yang baik adalah yang tidak hanya direncanakan, namun direalisasikan. Akan tetapi sebelum menjalankan bisnis tersebut, harus mempertumbangkan dengan baik, apalagi jika menggunakan modal yang berasal dari pinjaman.

2.   Lakukan analisis keuangan

Pebisnis tidak hanya harus mahir menjual produk untuk mendapat keuntungan, tetapi juga harus pandai melakukan analisis keuangan. Kemampuan analisis ini penting dalam perencanaan bisnis, termasuk ketika akan mengajukan pinjaman untuk membuka maupun mengembangkan usaha.

Analisis keuangan juga merupakan salah satu syarat yang diminta oleh perusahaan keuangan untuk mengevaluasi apakah usaha yang Anda kelola layak untuk dibiayai atau tidak. Dengan membuat analisis yang tepat, bisa menjadi bahan bagi Anda dalam menjalankan bisnis tersebut.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x