Tips Tangkis Penipuan Online, Jangan Sampai jadi Korban, Waspadai Modus-modus Seperti Ini

- 24 April 2024, 10:00 WIB
Ilustrasi penipuan online
Ilustrasi penipuan online /PRFM.

PRFMNEWS - Bayar jajanan, belanjaan, tagihan, aplikasi, sampai top up game, semua jadi lebih mudah pakai aplikasi dompet digital seperti GoPay.

Bahkan sekarang kita juga sudah bisa melakukan transfer saldo dompet digital juga. Namun, sekarang juga banyak pihak yang tidak bertanggung jawab dan kerap menyalahgunakan kemudahan aplikasi dompet digital.

Agar transaksi yang kita lakukan selalu aman, jadilah pengguna yang pintar dengan selalu waspada dan laporkan hal-hal mencurigakan.

Yuk, pelajari beberapa skema penipuan online. Berikut ini biar kita sama-sama bisa mencegahnya.

Penipuan untuk Mengunduh File Berformat .APK atau .JPG

Waspada modus penipuan baru melalui pesan WhatsApp. Pelaku akan mengarahkan calon korban untuk mengunduh file berformat aplikasi atau file .APK atau .JPG dan meminta untuk klik atau mengunduh file tersebut.

Ketika diklik atau diunduh, file .APK atau .JPG tersebut akan secara otomatis terinstal di HP calon korban.

Kemudian, akan muncul notifikasi permintaan izin akses yang nantinya memperbolehkan pelaku untuk mengakses seluruh data pribadi korban termasuk akun Ojek Online, akun bank, dan informasi penting lainnya.

Jangan klik atau pun mengunduh file tersebut untuk melindungi data pribadi

Berikut beberapa contoh motif penipuan yang mungkin dilakukan. Pelaku dapat melakukan bermacam-macam metode penipuan lainnya, jadi selalu waspada dan berhati-hati ya.

Mengatasnamakan pihak kurir dan meminta calon korban untuk mengunduh file .APK atau klik link untuk cek resi dan/atau melihat foto paket.

Mengirimkan undangan pernikahan.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: Gopay Indonesia


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x