Amankah Minum Obat Setelah Minum Kopi? Ini Penjelasannya

- 6 Mei 2024, 14:00 WIB
Ilustrasi minum kopi. Ini dampak dari minum kopi setelah minum obat.
Ilustrasi minum kopi. Ini dampak dari minum kopi setelah minum obat. /Pixabay/@Engin_Akyurt

PRFMNEWS - Sebagai pecinta kopi kamu mungkin sering minum kopi di pagi hari untuk memulai hari dengan semangat. Namun, bagaimana jika kamu sedang minum obat? apakah aman minum kopi setelah minum obat?.

Kopi merupakan salah satu asupan yang mengandung kafein, yakni sebuah stimulan untuk merangsang jantung dan otak agar bekerja lebih cepat dari biasanya.

Penelitian dalam jurnal Critical Review in Food Science and Nutrition menyatakan bahwa mengonsumsi kopi setelah minum obat dapat membatasi efektivitas serta memengaruhi kinerja obat.

Selain itu, langsung mengonsumsi obat setelah minum kopi juga bisa membuat jantung berdetak cepat.

Baca Juga: 13 Rekomendasi Kedai Es Kopi Susu Lokal yang Enak dan Hits di Bandung, Sudah Coba?

Pada kasus yang parah, konsumsi obat setelah minum kopi juga bisa memicu terjadinya keracunan kafein akibat adanya interaksi antara obat dan kafein.

Dianjurkan untuk hanya meminum obat dengan menggunakan air putih. Bukan dengan kopi, teh, jus, atau bahkan susu. Dengan begitu, proses penyerapan obat dalam tubuh berpotensi menjadi lebih optimal.

Waktu yang tepat

Berapa Lama Jeda Waktu Antara Minum Obat Dan Kopi?. Jika kamu baru saja minum kopi, maka sebaiknya berikan jeda waktu antara 3-4 jam sebelum minum obat. Kamu juga bisa berkonsultasi langsung dengan dokter atau apoteker terkait waktu yang aman untuk minum kopi sebelum atau setelah minum obat.

Hal lain yang tak boleh abai diperhatikan saat hendak minum obat yakni aturan dan dosis yang tertera pada label kemasan. Pastikan untuk selalu mematuhi dosis dan waktu konsumsi obat.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah