Jasa Marga Prediksi Puncak Arus Balik akan Terjadi Senin Ini, Waspadai Fenomena 'Microsleep'

- 15 April 2024, 11:00 WIB
Ilustrasi. Microsleep, sering menjadi penyebab kecelakaan di jalan.
Ilustrasi. Microsleep, sering menjadi penyebab kecelakaan di jalan. /StockSnap/Pixabay/StockSnap

PRFMNEWS - PT Jasa Marga memprediksi puncak arus balik 2024 akan terjadi pada H+4 Hari Raya Idulfitri atau pada Senin, 15 April 2024. Diprediksi jumlah kendaraan di empat gerbang tol utama mencapai 296 ribu kendaraan.

"Saat ini memang terjadi kenaikan jumlah kendaraan dari Trans Jawa menuju Jakarta tapi akan jauh lebih meningkat pada Senin," kata Marketing and Communication Department Head Jasa Marga Faiza Riani mengutip dari ANTARA.

Ia juga mengatakan volume lalu lintas kendaraan per jam dari pukul 06.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB dari arah timur Trans Jawa dan Bandung di GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama mencapai 102 ribu kendaraan.

"Jumlah ini naik 168 persen dari volume lalu lintas normal," kata dia.

Ia mengatakan padatnya kendaraan terjadi karena ramainya warga yang berkendara dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta.

"Ini terjadi karena pemberlakuan one way tapi ada pertemuan dua arus jalan dari Tol Trans Jawa dengan Tol Cipularang di KM 67 Tol Jakarta-Cikampek," katanya.

Dirinya juga mengimbau masyarakat yang memiliki kelonggaran waktu agar dapat menunda waktu balik ke Jakarta agar tidak terjadi penumpukan.

Selain itu, pemudik juga diminta berhati-hati dan jaga kondisi kesehatan. Karena kasus kecelakaan masih terjadi selama arus mudik dan balik Lebaran 2024.

Salah satu pemicu kecelakaan adalah "microsleep" di mana pengemudi tiba-tiba tertidur sesaat.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x