Benarkah Gen Z Kini Jadi 'Generasi Paling Kesepian'? Ini Kata Ahli

- 18 September 2023, 14:00 WIB
Ilustrasi kesepian.
Ilustrasi kesepian. /Pixabay/Stocksnap

PRFMNEWS - Kesehatan mental menjadi topik yang populer diperbincangkan oleh masyarakat dunia, khususnya untuk generasi Z. Sayangnya, generasi ini justru dijuluki sebagai generasi paling kesepian dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Gen Z atau yang disebut juga sebagai generasi Z adalah generasi yang lahir pada rentang tahun 1996-2012. Orang-orang dari generasi Z adalah orang-orang yang hidup di era digital, di mana teknologi sudah berkembang dengan pesat. Oleh karena itu, tak heran jika Gen Z lebih cerdas di bidang digital dan lebih menyukai hal-hal yang serba instan.

Namun, tahukah kamu? setiap kelebihan pasti ada kekurangan, sama halnya dengan yang dialami oleh Gen Z. Semakin cepat teknologi berkembang, semakin cepat mereka dituntut untuk bisa beradaptasi, dan semakin cepat pula kesehatan mental mereka menjadi mengkhawatirkan. Bahkan sebanyak 73 persen dari mereka banyak yang merasakan kesepian.

Baca Juga: 6 Ciri-ciri Wanita Gampang Kena Pelet Pria Menurut Mbah Yadi, Salah satunya yang Sering Kesepian

Melansir dari Psychology Today, sebanyak 45 persen Gen Z hanya melaporkan kondisi kesehatan mentalnya. Tantangan kesehatan mental Gen Z berbeda diantaranya 90 persen kebanyakan stres, kurang minat atau motivasi, lalu 68 persen diantaranya bahkan melaporkan stres terkait masa depan.

Sementara 75 persen tenaga kerja di tahun 2030 mendatang datang dari generasi milenial dan Gen Z. Lantas faktor apa yang membuat Gen Z merasa kesepian? Yuk simak ulasannya di bawah ini, Keep scrolling ya gengs!

1. Stimulasi Berlebihan

Menurut Ryan Jenkins CSP selaku penulis dan pendiri situs yang membahas tentang kesehatan mental Gen Z mengungkapkan jika faktor utama generasi ini kesepian dipengaruhi oleh pola hidup dimana mereka menghabiskan banyak waktunya untuk terhubung dengan teknologi.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x