10 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan, Bisa untuk Meningkatkan Kesuburan

- 5 September 2022, 11:00 WIB
Ilustrasi teh hijau.
Ilustrasi teh hijau. /Pixabay/Mirko Stodter/

PRFMNEWS - Teh hijau atau dalam padanan bahasa Inggris disebut green tea semakin digemari dalam beberapa tahun belakangan. Pamor teh hijau kian meningkat diiringi dengan banyaknya makanan dan minuman kekinian yang menggunakan bahan dasar teh hijau sebagai campurannya.

Teh hijau disebut-sebut sebagai salah satu minuman paling sehat di planet ini. Teh hijau juga sarat dengan antioksidan polifenol, termasuk katekin yang disebut EGCG. Antioksidan ini dapat memiliki berbagai efek menguntungkan bagi kesehatan.

Khasiat dari teh hijau ternyata sudah dikenal sejak tahun 2.737 SM. Tak heran jika teh yang satu ini diyakini begitu berkhasiat untuk tubuh.

Baca Juga: Bagi Penderita Diabetes Wajib Coba Resep Minuman Ini untuk Stabilkan Kadar Gula Darah, kata dr. Cahyo Purnomo

Untuk kamu yang penasaran khasiat dari teh hijau, simak terus sampai selesai ya:

1. Mengandung senyawa bioaktif yang sehat

Teh hijau mengandung katekin yang disebut epigallocatechin-3-gallate (EGCG) . Katekin adalah antioksidan alami yang membantu mencegah kerusakan sel dan memberikan manfaat lainnya.

Zat tersebut dapat mengurangi pembentukan radikal bebas dalam tubuh, melindungi sel dan molekul dari kerusakan. Radikal bebas ini berperan dalam penuaan dan berbagai jenis penyakit.

EGCG adalah salah satu senyawa paling kuat dalam teh hijau. Penelitian telah menguji kemampuannya untuk membantu mengobati berbagai penyakit. Tampaknya menjadi salah satu senyawa utama yang memberikan teh hijau sifat obatnya

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Healthline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x