Nasi Putih Dingin Sisa Kemarin Lebih Baik untuk Diabetes Cegah Gula Darah Naik? Ini Penjelasan dr. Cahyo

- 28 Agustus 2022, 20:00 WIB
Ilustrasi. Nasi putih kemarin baik untuk penderita diabetes cegah gula darah naik, kata dokter Cahyo Purnomo.
Ilustrasi. Nasi putih kemarin baik untuk penderita diabetes cegah gula darah naik, kata dokter Cahyo Purnomo. /Pixabay.com/SpencerWing

PRFMNEWS – Penderita diabetes meyakini bahwa nasi putih dingin sisa kemarin lebih baik dan aman dikonsumsi dibandingkan nasi hangat yang baru dimasak karena bisa cegah gula darah naik.

Healthy vlogger dokter Cahyo Purnomo menjelaskan fakta nasi putih dingin sisa kemarin lebih baik bagi orang diabetes karena mampu cegah gula darah melonjak drastis usai memakannya.

Menurut dr. Cahyo Purnomo, nasi putih dingin lebih baik untuk orang diabetes daripada nasi hangat yang baru dimasak dan tidak membuat gula darah melonjak drastis adalah benar.

Baca Juga: Momen Unik, Detik-detik Luis Milla Bertemu Tim Persib Jelang Liga 1 Kontra PSM Makassar Bukan di Lapangan

Ada tiga alasan, kata dr. Cahyo Purnomo, yang membuat nasi putih dingin sisa kemarin lebih aman dikonsumsi penderita diabetes karena tidak memicu gula darah naik tinggi usai mengonsumsinya.

1. Indeks glikemik nasi dingin turun

Indeks glikemik merupakan indikator yang digunakan untuk menunjukan kecepatan suatu makanan dalam meningkatkan kadar gula darah.

Dokter Cahyo Purnomo menyebut, indeks glikemik nasi putih dingin sudah turun atau lebih rendah dibanding saat kondisi masih hangat baru dimasak.

“Ini terjadi akibat nasi putih yang sudah didinginkan akan mengubah unsur pati dalam nasi yang sebelumnya mudah diserap oleh usus,” ucapnya, dikutip prfmnews.id dari kanal YouTube dr. Cahyo EDUKES.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x