Sudah Terbukti, 4 Buah Manis ini Justru Turunkan Gula Darah Orang Diabetes Juga Cegah Lapar Kata dr. Cahyo

- 17 Agustus 2022, 20:15 WIB
Kata dokter Cahyo Purnomo, 4 Buah Manis ini Justru Turunkan Gula Darah Orang Diabetes.
Kata dokter Cahyo Purnomo, 4 Buah Manis ini Justru Turunkan Gula Darah Orang Diabetes. /unsplash.com

PRFMNEWS – Healthy vlogger dokter Cahyo Purnomo bercerita, ada penderita diabetes yang takut makan buah-buahan karena khawatir rasa manis di dalamnya bisa membuat gula darah makin tinggi.

Padahal, dr. Cahyo Purnomo mengatakan, ada buah-buahan yang aman dikonsumsi orang diabetes tanpa takut meningkatkan kadar gula darah di tubuhnya secara drastis meski miliki rasa manis.

Bahkan, dr. Cahyo Purnomo menegaskan, buah-buahan ini justru bisa bantu menurunkan kadar gula darah penderita diabetes sekaligus membuatnya kenyang lebih lama sehingga tidak mudah lapar.

Berikut ini empat buah yang baik dan aman dimakan orang diabetes dan sudah terbukti bisa bantu menurunkan gula darah meskipun punya cita rasa cenderung manis yang dipaparkan dr. Cahyo Purnomo.

Baca Juga: Persib Bawa 22 Pemain untuk Laga Lawan PSS di Stadion Maguwoharjo

1. Apel

Menurut dr. Cahyo Purnomo, apel tergolong buah dengan indeks glikemik dan beban glikemik rendah sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes.

Dua kondisi tersebut membuat glukosa dalam apel lebih lambat dicerna dan diserap oleh usus sehingga tidak akan menaikkan gula darah secara cepat dan drastis.

“Kandungan serat yang tinggi dalam buah apel bisa membantu penderita diabetes kenyang lebih lama, sehingga asupan karbohidrat dari nasi bisa dikurangi,” ucapnya, dikutip prfmnews.id dari kanal YouTube dr. Cahyo EDUKES.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x