Tips yang Bisa Dilakukan untuk Membantu Menurunkan Kolesterol Secara Alami

- 12 Agustus 2022, 09:45 WIB
dr. Ema Surya Pertiwi ungkap beberapa cara alami untuk turunkan kadar kolesterol yang tinggi agar menjadi normal.
dr. Ema Surya Pertiwi ungkap beberapa cara alami untuk turunkan kadar kolesterol yang tinggi agar menjadi normal. /rawpixel.com/freepik

PRFMNEWS - Kolesterol yang tinggi bila didiamkan akan menimbulkan komplikasi seperti nyeri dada, serangan jantung, hingga stroke.

Waspada gejala kolesterol tinggi seperti kesemutan, mudah lelah, rasa nyeri di kaki, pegal pada tengkuk dan pundak, dan lain sebagainya.

Namun, anda tidak perlu khawatir karena kolesterol itu sendiri bisa diturunkan dengan melalui berbagai macam cara, salah satunya dengan melakukan hal -hal alamiah seperti yang sudah dijelaskan oleh Dokter Ema Surya Pertiwi ini:

Baca Juga: Bukan Hanya Enak, 7 Jenis Minuman Ini Dapat Bantu Mengatasi Kolesterol Tinggi Kata dr. Saddam Ismail

1. Merubah pola makan
Contohnya makanan daging merah, makanan tinggi gula/manis seperti brownies, donat, bobba, makanan tinggi lemak jenuh seperti mentega, keripik kentang, makanan tinggi garam bisa meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan resiko menumpuknya kolesterol tubuh. Jadi anda harus komitmen untuk melakukan pola makan yang sehat.

2. Merubah pola hidup
Pola hidup yang membantu menurunkan kolesterol adalah sering berjemur di pagi hari minimal 30 menit, kolesterol kita itu berfungsi untuk mesintesis vitamin D untuk kesehatan tulang, jad ketika kita berjemur itu membantu produksi vitamin d pada tubuh.

Oleh karenanya, setiap pagi harus rajin berjemur, jangan lupa berjemurnya harus terkena area kulit yang lebar terutama area punggung, perut ataupun tangan agar sinar matahari yang masuk bisa digunakan dengan optimal oleh tubuh kita.

Lalu cukup tidur, ternyata terbukti sekali orang yang kekurangan tidur kurang dari 6 jam atau kelebihan tidur kebih dari 8 jam itu bisa meningkatkan kadar LDL kolesterol jahat pada tubuh.

Saat hendak menurunkan kolesterol, diusahakan tidur yang cukup 6-8 jam per hari tanpa gangguan untuk mensukseskan penurunan kolesterol pada tubuh.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x