Sekolah Buka Kembali Januari 2021, Kemenkes Janji Optimalkan Peran Puskesmas

- 21 November 2020, 15:33 WIB
Menteri Kesehatan RI, Terawan A Putranto (tengah).
Menteri Kesehatan RI, Terawan A Putranto (tengah). /Dok Setkab RI.

PRFMNEWS – Pemerintah pusat memutuskan bahwa Pemda dapat membuka sekolah tatap muka di masa pandemi Covid-19 di semester genap per Januari 2021. Untuk itu, di bidang kesehatan akan meningkatkan perannya dalam mencegah penularan Covid-19.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menegaskan jajaran kesehatan berkomitmen untuk meningkatkan peran Puskesmas melakukan pengawasan dan pembinaan pada satuan pendidikan dalam penerapan protokol kesehatan.

“Kami mengimbau untuk kita bersama-sama berupaya terus meningkatkan pendidikan kesehatan dan keselamatan bagi anak-anak kita sebagai generasi penerus bangsa menuju Indonesia maju. Penerapan protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan jaga jarak aman serta sering mencuci tangan pakai sabun merupakan adaptasi kebiasaan baru yang harus diterapkan dengan disiplin tinggi agar kita dapat tetap sehat dan selamat dalam melewati pandemi Covid-19 ini,” tegas dia dalam siaran pers, Jumat 20 November 2020.

Baca Juga: Mengejutkan! Putra Presiden Amerika, Donald Trump Jr. Positif Corona

Terawan menjelaskan pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sejak 2020 mengakibatkan pemerintah mengambil berbagai langkah kebijakan untuk melindungi kesehatan dan keselamatan masyarakat terlebih terhadap kelompok rentan termasuk anak usia sekolah.

Salah satu kebijakan adalah pembelajaran dari rumah yang bertujuan untuk memastikan tetap terpenuhinya hak peserta didik untuk mendapatkan layanan pendidikan selama masa darurat Covid-19.

“Pembelajaran jarak jauh atau belajar dari rumah telah dilakukan hampir 1 tahun ini dan sudah dilakukan kajian dan evaluasi ternyata banyak hal yang bisa dinilai ada berbagai kendala seperti ada ancaman anak putus sekolah, meningkatnya resiko stres pada anak, terjadinya kekerasan pada anak, kesenjangan capaian belajar dan learning loss yang tentu saja berpengaruh pada perkembangan anak,” kata Terawan.

Baca Juga: Situs info.gtk.kemdikbud.go.id Sulit Diakses? Begini Cara Login untuk Cek Penerima BLT Guru Honorer

Baca Juga: Siap-Siap! Indonesia Segera Aktifkan Jaringan Seluler 5G

Halaman:

Editor: Haidar Rais


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x