Siap-Siap! Indonesia Segera Aktifkan Jaringan Seluler 5G

- 21 November 2020, 14:48 WIB
Ilustrasi menara pemancar: 18 menara BTS akan dibangun di Labuan Bajo.
Ilustrasi menara pemancar: 18 menara BTS akan dibangun di Labuan Bajo. /Pixabay/Republica/

PRFMNEWS – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mendorong pengaktifan jaringan seluler 5G di Indonesia. Untuk itu, pihaknya saat ini tengah membuka lelang untuk menggunaan frekuensi 2,3GHz.

Kominfo menyebut pita frekuensi radio 2,3GHz itu bertujuan untuk meningkatkan kapasitas jaringan seluler. Di samping itu, gelombang tersebut diyaknini dapat meningkatkan layanan secara maksimal.

Seleksi pada rentang 2360-2390 MHz ini pun bertujuan  untuk mendukung transformasi digital di sektor ekonomi, sosial dan pemerintah.

Baca Juga: Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Kulit, Sudah Tahu?

"Seleksi pengguna pita frekuensi radio 2,3 GHz itu bertujuan untuk meningkatkan kapasitas jaringan bergerak seluler, meningkatkan kualitas layanan secara maksimal, serta mendorong akselerasi penggelaran infrastruktur TIK dengan teknologi generasi kelima (5G)," kata Kominfo, dilansir ANTARA, Sabtu 20 November 2020.

Sesuai dengan Pasal 11 dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 9 tahun 2018 tentang Ketentuan Operasional dan Tata Cara Perizinan Penggunaan Spektrum Frekuensi Radio, lelang sudah dibuka, untuk tiga blok pita frekuensi radio.

Kominfo juga menjelaskan bahwa saat ini masih terdapat blok frekuensi yang belum ditetapkan oleh pengguna pita frekuensi.

Baca Juga: Taman Tegalega Kota Bandung Masih Ditutup Untuk Umum, Tapi Warga Masih Diperbolehkan Berolahraga

Lelang ini hanya dapat diikuti oleh penyelenggara telekomunikasi yang telah memiliki izin Penyelenggaraan Jaringan Bergerak Seluler.

Halaman:

Editor: Haidar Rais

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x