Pasca Gempa Garut, Perjalanan Kereta Cepat Whoosh Dipastikan Tetap Normal dan Aman Bagi Penumpang

- 28 April 2024, 18:30 WIB
Penumpang Kereta Cepat Jakarta Bandung Whoosh
Penumpang Kereta Cepat Jakarta Bandung Whoosh /Dok KCIC

PRFMNEWS - PT KCIC memastikan operasional Kereta Cepat Whoosh tetap berjalan normal setelah terjadi gempa bumi berkekuatan M6,2 yang berpusat di wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada Sabtu 27 April 2024 malam.

GM Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa memastikan tidak ada perubahan jadwal perjalanan Kereta Cepat Whoosh sehingga pengguna kereta api cepat pertama di Asia Tenggara itu tidak perlu khawatir.

Pasca gempa Garut, lanjut Eva, tidak ada infrastruktur lintasan rel hingga bangunan stasiun KCIC yang ikut terdampak. Sebab ia menyebut struktur prasarana Kereta Cepat Whoosh telah dirancang tahan gempa hingga kekuatan magnitudo 8.

Baca Juga: Data Sementara Dampak Gempa Garut, BPBD Jabar Ungkap Jumlah Rumah Rusak dan Korban

“PT KCIC telah memeriksa seluruh stasiun, jalur, serta fasilitas penunjang operasional Kereta Cepat Whoosh. Pemeriksaan tersebut berlangsung mulai pukul 00.30 - pukul 03.00 WIB,” kata dia.

Menurut Eva, dari hasil pemeriksaan seluruh kondisi prasarana untuk operasional dinyatakan aman dan tidak terdapat kerusakan apapun. Sehingga pada Minggu 28 April 2024, Kereta Cepat Whoosh tetap melayani penumpang sesuai dengan jadwal sejak keberangkatan kereta pertama.

Lebih lanjut, Eva mengatakan, seluruh bangunan dan fasilitas penunjang operasional Whoosh dirancang dengan teknologi tinggi. Tidak hanya tahan gempa hingga kekuatan magnitudo 8, seluruh bangunan didesain untuk pemakaian hingga seratus tahun ke depan.

Baca Juga: Jasa Marga Ungkap Kondisi Tol Cipularang dan Padaleunyi Pasca Gempa Garut Sabtu Malam

Sebelumnya, saat gempa terjadi pada Sabtu malam sekira pukul 23.29 WIB, sensor yang terdapat di infrastruktur Kereta Cepat Whoosh telah membaca situasi darurat yang langsung memberikan sinyal.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x