Indef Beberkan Pertumbuhan Ekonomi Sejumlah Negara di Tengah Pandemi, Indonesia Masih Tertinggal

- 5 November 2020, 18:30 WIB
Ilustrasi pertumbuhan ekonomi.*
Ilustrasi pertumbuhan ekonomi.* /PRFMNEWS

PRFMNEWS - Pertumbuhan ekonomi di sejumlah negara dari berbagai belahan dunia mulai memperlihatkan tren bangkit di tengah pandemi Covid-19.

Meski masih berada dalam perhitungan minus, namun pertumbuhan ekonomi sejumlah negara menunjukan kenaikan di atas angka 5 persen.

Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Tauhid Ahmad memaparkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III yang mencapai angka 3,49 persen, ternyata masih tertinggal dari negara-negara lain yang mengalami juga keterpurukan ekonomi dikarenakan pandemi Covid-19.

Tauhid merincikan, Amerika Serikat yang sempat mencatatkan pertumbuhan ekonomi pada angka minus 9,0 persen pada triwulan II, kini telah mencapai angka minus 2,9 persen pada triwulan III.

Baca Juga: Indonesia Resesi, Pengamat Ekonomi: Indonesia Mengalami Konstraksi yang Besar Sepanjang Tahun 2020

Lebih lanjut, pertumbuhan ekonomi Hongkong yang semula pada kuartal II minus 9 persen, naik drastis menjadi minus 2,9 persen pada kuartal III.

Sementara pertumbuhan ekonomi Uni Eropa yang pada kuartal II menembus angka minus 13,9 persen, ternyata juga naik drastis menjadi minus 3,9 persen pada kuartal III.

 

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x