Tawarkan Kemudahan, Mobil Pelayanan Paspor Ditjen Imigrasi Hadir di Jabar hingga Akhir 2024

- 8 Mei 2024, 20:30 WIB
Ilustrasi paspor
Ilustrasi paspor /Dok PRFM

PRFMNEWS – Layanan pembuatan paspor baru semakin mudah dijangkau berkat inovasi mobil pelayanan keimigrasian yang dihadirkan Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Mobil pelayanan paspor ini hadir di sejumlah titik wilayah Jawa Barat (Jabar) hingga akhir tahun 2024.

Selain di Jabar, mobil layanan paspor dari Ditjen Imigrasi Kemenkumham ini juga tersedia hingga akhir tahun 2024 di beberapa lokasi wilayah Provinsi DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Tengah (Jateng), yang akan mempermudah akses masyarakat dalam mendapatkan paspor.

"Kami mengamati tren minat masyarakat terhadap paspor yang terus meningkat. Selain Jakarta, di Banten, Jawa Barat, dan Jawa Tengah, antusiasmenya juga tinggi. Oleh karena itu, fasilitas mobil pelayanan keimigrasian ini kita adakan hingga akhir tahun 2024," ucap Direktur Lalu Lintas Keimigrasian Felucia Sengky Ratna di Jakarta, Rabu 8 Mei 2024.

Baca Juga: Punya Kelebihan, Begini Cara dan Biaya Bikin Paspor Elektronik Polikarbonat di Kota Bandung

Sengky menjelaskan bahwa melalui fasilitas mobil pelayanan keimigrasian ini, kantor imigrasi dapat membuka kuota pelayanan paspor tambahan dan melayani masyarakat secara berpindah-pindah (mobile) sesuai kebutuhan.

Jenis layanan yang bisa dimanfaatkan masyarakat lewat mobil pelayanan keimigrasian ini yaitu permohonan paspor baru dan permohonan penggantian paspor. Sementara penggantian paspor dengan alasan rusak atau hilang tetap harus dilakukan di kantor imigrasi.

“Selain untuk mengurus pembuatan paspor, masyarakat juga dapat mendatangi mobil pelayanan keimigrasian untuk berkonsultasi dengan petugas mengenai layanan-layanan keimigrasian lainnya,” ungkap dia.

Baca Juga: Imigrasi Bandung Jadi Pelopor Inovasi Perpanjangan Masa Berlaku Paspor Berbahan Polikarbonat

Menurutnya pula mobil pelayanan keimigrasian merupakan layanan dengan format jemput bola sebagai bentuk komitmen Ditjen Imigrasi untuk aktif menjangkau masyarakat.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah