Imigrasi Bandung Jadi Pelopor Inovasi Perpanjangan Masa Berlaku Paspor Berbahan Polikarbonat

- 1 Mei 2024, 07:00 WIB
Ilustrasi Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandung.
Ilustrasi Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandung. /Dok Imigrasi Bandung/

PRFMNEWS - Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandung merupakan pelopor dari inovasi layanan perpanjangan masa berlaku paspor dari semula hanya 5 tahun menjadi hingga 10 tahun. Hal ini diapresiasi oleh Pj Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono.

“Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandung menjadi pelopor dalam perpanjangan masa berlaku paspor menjadi 10 tahun, menggantikan durasi sebelumnya yang hanya 5 tahun,” jelas Bambang, Senin 29 April 2024.

Kantor imigrasi Bandung, lanjut Bambang, juga sudah beralih menggunakan polycarbonate (polikarbonat) sebagai bahan paspor elektronik. Kelebihan paspor elektronik polikarbonat yakni mampu meningkatkan ketahanan dan keamanan dokumen perjalanan antarnegara tersebut.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Paspor Melalui Layanan Prioritas, Ini Syarat dan Alurnya

Inovasi masa berlaku paspor yang diperpanjang menjadi 10 tahun ditambah penggunaan polikarbonat sebagai bahan paspor elektronik di kantor imigrasi Bandung mendapat apresiasi dari Bambang.

“Kami mengapresiasi upaya kantor imigrasi dalam menyediakan layanan yang lebih efisien dan modern kepada warga Kota Bandung. Inovasi-inovasi ini adalah langkah penting dalam meningkatkan pelayanan publik di sektor keimigrasian Kota Bandung,” ungkapnya.

Sinergi antara Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dan kantor imigrasi, menurut dia, sangat dibutuhkan untuk sama-sama memikirkan langkah ke depan dalam rangka meningkatkan pelayanan keimigrasian di Kota Bandung.

Baca Juga: Cara Bikin Paspor untuk Haji atau Umroh, Cek Syarat dan Prosedurnya di Sini!

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandung Agung Pranomo menyebut pihaknya mampu melayani sekitar 500 - 1000 orang per hari. Kondisi ini menurutnya mencerminkan permintaan akan layanan paspor di Kota Bandung yang tinggi.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah