Helikopter yang Bawa Presiden Iran Dipastikan Jatuh, Ebrahim Raisi Ditemukan Meninggal Dunia

- 20 Mei 2024, 12:15 WIB
Presiden Iran Ebrahim Raisi menghadiri pertemuan dengan Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev di perbatasan Azerbaijan-Iran, 19 Mei 2024.
Presiden Iran Ebrahim Raisi menghadiri pertemuan dengan Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev di perbatasan Azerbaijan-Iran, 19 Mei 2024. /Iran's Presidency/WANA (West Asia News Agency)/Handout via REUTERS

PRFMNEWS - Sebuah helikopter yang membawa Presiden Iran Ebrahim Raisi mengalami pendaratan darurat, menurut TV pemerintah Iran pada Minggu, 19 Mei 2024.

Helikopter Bell 212 buatan Amerika Serikat (AS) yang membawa Ebrahim Raisi dipastikan jatuh. Lokasi terakhir dari radar, diduga helikopter ini jatuh di dekat Jolfa, Provinsi Azerbaijan Timur, Iran.

Seorang pejabat Iran mengatakan jika helikopter tersebut jatuh saat melintasi daerah pegunungan dalam kabut tebal.

Melansir dari Reuters, pejabat tersebut mengatakan nyawa Raisi dan Menteri Luar Negeri Hossein Amir Abdollahian “dalam bahaya menyusul jatuhnya helikopter”, yang terjadi dalam perjalanan pulang dari kunjungan ke perbatasan dengan Azerbaijan di barat laut Iran.

Namun berdasarkan informasi terkini, Presiden Iran Ebrahim Raisi dipastikan ditemukan dalam kondisi meninggal dunia dalam insiden tersebut.

Baca Juga: Sudah 10 Hari Tidak Ada Pasokan Bahan Bakar untuk Keperluan Medis di Jalur Gaza, Ungkap WHO

Selain membawa Presiden Iran, helikopter tersebut juga membawa Menteri Luar Negeri Hossein Amir Abdollahian, Gubernur Provinsi Azerbaijan Timur - Iran, Malek Rahmati dan perwakilan Pemimpin Tertinggi Iran untuk Azerbaijan Timur, Ayatollah Mohammad Ali Ale-Hashem.

Mereka terbang dari perbatasan Azerbaijan Timur untuk kembali ke Iran setelah menyelesaikan kunjungan sehari sebelumnya.

Sebelumnya, tim penyelamat dilaporkan sempat kesulitan mencari titik lokasi jatuhnya helikopter lantaran cuaca buruk saat ini.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah