Menteri Azwar Anas: Birokrasi Adalah Mesin dari Pelayanan Negara

- 11 Juni 2023, 12:00 WIB
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas /Dok-Kemenpan RB
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas /Dok-Kemenpan RB /

PRFMNEWS - Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB) RI Abdullah Azwar Anas memaparkan mengenai pentingnya reformasi birokrasi dalam acara “Sapa Dosen dan Mahasiswa Bersama Menteri PANRB” yang diselenggarakan di Bale Sawala Gedung Rektorat Unpad kampus Jatinangor, Jumat 9 Juni 2023.

Acara tersebut diikuti perwakilan dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan Unpad, ITB, IPDN, dan UIN Sunan Gunung Djati.

Dikatakan Azwar Anas, mengelola birokrasi adalah hal yang penting karena birokrasi merupakan mesin dari pelayanan. Ibarat mobil, apabila mesinnya kotor, maka tidak bisa dikendarai optimal. 

Baca Juga: Ini 4 Pakta Integritas Netralitas ASN untuk Pemilu 2024

“Di Republik ini birokrasi ini engine. Maka harus kita perbaiki sama-sama,” ujar Azwar Anas. 

Azwar Anas pun mengajak hadirin untuk dapat berpikir out of the box. Berbagai permasalahan negara tidak akan selesai dengan saling menyalahkan. Perlu ada inovasi dan solusi. 

Untuk itu, ia dan tim di Kemenpan RB hadir ke sejumlah Pemda dan perguruan tinggi untuk berdiskusi mengenai program prioritas, salah satunya RB tematik atau RB yang berdampak. Program tersebut berdasar dari arahan Presiden Joko Widodo mengenai reformasi birokrasi, di mana birokrasi ini harus berdampak, bukan tumpukan kertas, serta harus lincah dan cepat. 

Baca Juga: Respons Bupati Cianjur soal Tunjangan Daya Tahan Tubuh untuk ASN dengan Pekerjaan Khusus

“Selama ini kita ada di track RB yang sibuk di hulu mengurus administrasi, tata kelola, dan seterusnya, tetapi dampak ke rakyatnya ini belum cepat,” ujarnya. 

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x