BMKG Rilis Peta Episenter Gempa Bumi di Sekitar Sesar Lembang, Simak Gambarannya

- 8 Mei 2024, 21:30 WIB
Episenter Gempa Bumi di Sekitar Sesar Lembang Periode 1 Januari 2009 sampai 30 April 2024
Episenter Gempa Bumi di Sekitar Sesar Lembang Periode 1 Januari 2009 sampai 30 April 2024 /BMKG

PRFMNEWS - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peta episenter gempa bumi di sekitar Sesar Lembang yang terbentang dari wilayah Kabupaten Bandung Barat hingga Kabupaten Sumedang.

Berdasarkan data yang diterima Redaksi PRFM, peta episenter gempa bumi di sekitar Sesar Lembang ini dirilis BMKG berdasar catatan periode 1 Januari 2009 sampai 30 April 2024.

Dari peta ini, terlihat wilayah mana saja yang dilintasi oleh Sesar Lembang serta catatan kejadian gempa bumi dalam lima tahun belakangan.

Baca Juga: Ancaman Gempa Dahsyat Sesar Lembang, BMKG Bandung Ungkap Wilayah Terdampak dan Upaya Tekan Risiko Terburuk

Potensi Sesar Lembang bermagnitudo 6,5 sampai 7 dan merupakan gempa besar berdasarkan beberapa parameter.

Berdasarkan potensi tersebut, BMKG sudah membuat peta skenario guncangan yang hasilnya menunjukan wilayah Bandung Raya berdampak 5 sampai 8 Magnitudo.

Meminimalisir Risiko Bencana Gempa Bumi

Koordinator Bidang Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG) Kota Bandung, Virga Librian mengatakan literasi kebencanaan masyarakat harus terus ditingkatkan dan dilakukan secara berkelanjutan guna meminimalkan risiko bencana sepeti gempa bumi.

Selain itu, diharapkan seluruh pihak melaksanakan kesiapansiagaan dengan melakukan mitigasi bencana struktural dan non struktural.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah