Saat Libur HUT ke-79 Kemerdekaan RI Exit Tol KM 149 Gedebage Akan Dibuka

- 19 Mei 2024, 10:00 WIB
Akses Keluar Gerbang Tol KM 149 Gedebage Kota Bandung
Akses Keluar Gerbang Tol KM 149 Gedebage Kota Bandung /Dok Jasa Marga

PRFMNEWS - Pemerintah sudah merencanakan agar Exit Tol KM 149 Jalan Tol Padaleunyi, wilayah Gedebage, Kota Bandung dibuka saat momen liburan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024.

Dengan demikian Exit Tol KM 149 Jalan Tol Padaleunyi akan segera dibuka lagi setelah ditutup kembali sejak tanggal 1 Januari 2024.

Kepastian jadwal difungsikannya lagi Exit Tol KM 149 Gedebage yang menjadi salah satu akses menuju Masjid Raya Al Jabbar, Summarecon Mall Bandung, Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), dan Stasiun Whoosh Tegalluar sebelum 17 Agustus 2024 ini diungkap Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono.

Bambang memastikan update progres perbaikan struktur jalan pada flyover menuju Exit Tol KM 149 Padaleunyi sudah hampir selesai untuk kemudian pintu tol yang sudah dinantikan untuk kembali dioperasikan guna mengurai kemacetan di kawasan Gedebage ini dapat segera dilakukan sebelum libur nasional 17 Agustus 2024 yang bertepatan dengan periode weekend yakni Sabtu.

“Pokoknya sebelum tanggal 17 Agustus (Exit Tol KM 149 Gedebage) sudah bisa difungsikan,” kata Bambang.

Pengoperasian kembali Pintu Tol KM 149 Padaleunyi telah ditunggu sejumlah pihak lantaran akses jalur tersebut dapat mengurai kemacetan di kawasan Gedebage yang kini memiliki beberapa destinasi menarik seperti Masjid Raya Al Jabbar, Summarecon Mall Bandung, hingga Stasiun Kereta Cepat Tegalluar.

Keberadaan Gerbang Tol KM 149 Padaleunyi menurut Bambang sangat dibutuhkan untuk membantu pengembangan kawasan Gedebage yang potensial menjadi pusat perekonomian baru di Kota Bandung. Hal itu sejalan dengan rencana besar Pemkot Bandung untuk mengembangkan kawasan Gedebage sehingga diperlukan akses jalan yang baik dan memadai.

Sebelumnya, Senior General Manager Jasa Marga Widyatmiko Nursejati mengatakan demi keamanan dan keselamatan pengguna jalan, sejak 1 Januari 2024 dilakukan penutupan akses keluar masuk KM 149, sebab ditemukan kerusakan pada struktur jalan.

Penutupan akses pintu tol tersebut berdasarkan arahan Kementerian PUPR melalui instruksi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) pada surat Nomor BM.07.02-P/905 tanggal 29 Desember 2023.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah