Ancaman Gempa Dahsyat Sesar Lembang, BMKG Bandung Ungkap Wilayah Terdampak dan Upaya Tekan Risiko Terburuk

- 8 Mei 2024, 17:00 WIB
BMKG Bandung Ungkap Wilayah Terdampak dan Upaya Tekan Risiko Terburuk Pergerakan Sesar Lembang
BMKG Bandung Ungkap Wilayah Terdampak dan Upaya Tekan Risiko Terburuk Pergerakan Sesar Lembang /Diskominfo Kota Bandug

BANDUNG, PRFMNEWS – BMKG Stasiun Geofisika Kelas 1 Bandung bicara terkait ancaman bencana gempa besar di wilayah Jawa Barat (Jabar) akibat aktivitas Sesar Lembang. Upaya mitigasi diperlukan untuk menekan risiko terburuk akibat dampak pergerakan sesar aktif tersebut yang sewaktu-waktu berpotensi memicu gempa yang berdampak merusak dan menelan korban jiwa.

BMKG Bandung juga telah melakukan survei peta bahaya gempa bumi yang bisa ditimbulkan akibat aktivitas Sesar Lembang. Termasuk terkait dampak dari aktivitas Sesar Lembang di sejumlah wilayah Jabar, BMKG juga sudah melakukan skenario potensi peta guncangan atau shake map skenario mengenai dampak dari sesar aktif tersebut.

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Kota Bandung Virga Librian menjelaskan, dari hasil riset, potensi kekuatan gempa akibat aktivitas Sesar Lembang mencapai magnitudo 6,5 hingga 7 yang mana berdasarkan beberapa parameter, kekuatan tersebut masuk kategori gempa besar.

Baca Juga: BRIN Manfaatkan Teknologi Prakiraan Bahaya Sesar Lembang di Bandung Raya

Berdasarkan potensi tersebut, lanjut dia, BMKG sudah membuat peta skenario guncangan dan hasilnya apabila gempa besar tersebut terjadi maka wilayah Bandung Raya berpotensi terdampak V-VIII MMI (Modified Mercally Intensity) sehingga bersifat merusak.

"Berdasarkan skenario hampir seluruh Jawa Barat, Banten, dan Jakarta akan terdampak (gempa Sesar Lembang). Bandung Raya terdampak V-VIII MMI antara lain Kabupaten Bandung Barat, Kota Bandung, (bahkan sampai) Subang, Purwakarta akan terdampak signifikan dan merusak," terangnya, Rabu 8 Mei 2024.

Saat ini, sebut Virga, BMKG telah memiliki alat seismometer dan seismograf sebanyak 31 sensor di seluruh Jawa Barat. Khusus untuk memantau aktivitas Sesar Lembang, ucapnya, saat ini sudah ditambah 6 sensor lokal.

Baca Juga: BMKG Ungkap Jenis Gempa yang Terjadi di Bandung Malam Ini, Singgung Aktivitas Sesar Bawah Laut

Selanjutnya terkait upaya meminimalkan dampak terburuk gempa bumi akibat Sesar Lembang, Virga menekankan perlunya literasi kebencanaan kepada masyarakat yang harus terus ditingkatkan dan dilakukan secara berkelanjutan.

Selain itu, diharapkan seluruh pihak melaksanakan kesiapansiagaan dengan melakukan mitigasi bencana struktural dan non struktural.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah