Ditjen Dukcapil Kemendagri Raih Top Inovasi Terpuji KIPP Kemenpan RB 3 Tahun Berturut-turut

- 30 Juli 2021, 07:59 WIB
Hattrick! 3 Tahun Berturut-Turut Dukcapil Raih Top Inovasi Terpuji KIPP Kemenpan RB
Hattrick! 3 Tahun Berturut-Turut Dukcapil Raih Top Inovasi Terpuji KIPP Kemenpan RB /Puspen Kemendagri

PRFMNEWS - Kabar gembira datang dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Dukcapil Kemendagri).

Dalam ajang kembali Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) yang diselenggarakan Kementerian PAN-RB, Ditjen Dukcapil Kemendagri menorehkan prestasi dengan selalu masuk dalam daftar Top 45 Inovasi yang diikuti hampir seluruh Kementerian/Badan/Lembaga, hingga Pemerintah Provinsi, dan Kabupaten/Kota dalam tiga tahun berturut-turut sejak tahun 2019, Ditjen Dukcapil Kemendagri.

Di tahun 2019, Ditjen Dukcapil Kemendagri masuk Top 45 dengan inovasi SUPERTAJAM, yaitu Penerapan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) sebagai Solusi dalam Pelayanan Penerbitan Akta Kelahiran).

Baca Juga: Insentif Prakerja Belum Masuk Padahal Sudah Selesaikan Pelatihan? Segera Lakukan Hal ini

Setahun setelahnya, Ditjen Dukcapil Kemendagri kembali mendapat tempat terhormat tersebut dengan aplikasi i-Pop atau Indonesia’s Population and Civil Registration Map (Peta Kependudukan dan Pencatatan Sipil Indonesia).

Kali ini, instansi yang dikomandoi Prof. Zudan Arif Fakrulloh tersebut kembali berprestasi. Dari 1.619 inovator, Ditjen Dukcapil Kemendagri masuk daftar Top 45 dengan penerapan inovasi D’SIGN, yaitu Dukcapil’s Signature Electronic (Tanda Tangan Elektronik Dukcapil).

“Inovasi D’SIGN sebetulnya merupakan optimalisasi teknologi informasi berupa tanda tangan elektronik yang diterapkan Ditjen Dukcapil sejak periode awal 2019,” ujar Zudan, Kamis, 29 Juli 2021.

Penerapan D’SIGN terbukti jitu dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan Administrasi Kependudukan di daerah. Sebab, Kepala Dinas Dukcapil tidak perlu lagi membubuhkan tanda tangan basah kepada setiap dokumen kependudukan yang diterbitkan satu per satu. Dengan inovasi ini 514 Dukcapil mengalami perubahan luar biasa, menjadi lebih cepat pelayanannya dan bisa bekerja dari manapun.

Baca Juga: Siang Nanti Pasangan Hendra/Ahsan Akan Berjuang Agar Bisa Lolos ke Final Bulutangkis Ganda Putra

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x