Ini Tiga Orang Yang Menjadi Pengibar Bendera Pusaka pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi

- 17 Agustus 2020, 12:30 WIB
8 Anggota Paskibraka yang telah dikukuhkan Presiden untuk bertugas pada dua upacara di Istana Merdeka pada 17 Agustus 2020.
8 Anggota Paskibraka yang telah dikukuhkan Presiden untuk bertugas pada dua upacara di Istana Merdeka pada 17 Agustus 2020. /BPMI/Setkab.go.id

PRFMNEWS - Tak seperti tahun-tahun sebelumnya. Pada upacara detik-detik proklamasi tahun ini, jumlah Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) hanya berjumlah tiga orang saja. Tiga orang bertugas sebagai pembawa bendera, dan dua orang pengerek bendera.

Dikutip prfmnews.id dari laman Sekretariat Kabinet RI, pembawa bendera adalah Indrian Puspita Rahmadhani. Dia merupakan salah seorang siswi SMAN 1 Bireuen, Aceh.

Adapun dua orang lainnya yang akan mengibarkan bendera Merah Putih ialah Muhammad Adzan dari Provinsi Nusa Tenggara Barat yang bertugas sebagai komandan kelompok sekaligus pembentang bendera, dan I Gusti Agung Bagus Kade Sanggra Wira Adhinata dari Provinsi Bali yang bertugas sebagai pengerek bendera.

Baca Juga: Jalan Merdeka Kota Bandung Mendadak Hening Pada Pukul 10.17 WIB

Dalam upacara kali ini, ada satu prosesi sakral yang ditiadakan yakni prosesi penyerahan bendera pusaka dari Presiden kepada pembawa baki. Kali ini, untuk mengurangi kontak maka bendera pusaka langsung dibawa oleh Paskibraka, yakni oleh Indrian Puspita Rahmadhani.

Kolonel Inf. Muhammad Imam Gogor, A.A. didapuk menjadi Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Pria kelahiran Kediri, 16 Februari 1977, ini merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1998. Saat ini ia menjabat sebagai Asops Paspampres.

Baca Juga: Gun Gun Gunawan Sebut Pencalonan Dirinya dengan Dina Lorenza Hasil Komunikasi DPP PKS dan Demokrat

Adapun bertindak sebagai Perwira Upacara ialah Brigadir Jenderal TNI Syafruddin, S.E., M.M., M.Tr (Han). Lahir di Wajo, 3 Agustus 1964, saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Garnisun Tetap I Jakarta. Beliau merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1989.

Paskibraka 2020 yang bertugas hari ini telah dikukuhkan oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis, 13 Agustus 2020, di Istana Negara, serta telah mengucapkan Ikrar Putra Indonesia dan siap untuk menjalankan tugasnya.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: setkab


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x