Jembatan Pulau Balang Kalimantan Timur Rampung, Akses Menuju IKN Nusantara Makin Mudah dan Cepat

- 16 Mei 2022, 06:30 WIB
Jembatan Pulau Balang Alur yang selesai dibangun akhir 2020 menghubungkan Kota Balikpapan dengan lokasi ibu kota baru, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).
Jembatan Pulau Balang Alur yang selesai dibangun akhir 2020 menghubungkan Kota Balikpapan dengan lokasi ibu kota baru, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). /Dok. Kaltimprov.go.id

PRFMNEWS – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) mengumumkan pembangunan Jembatan Pulau Balang di Kalimantan Timur (Kaltim) sudah selesai dan siap dioperasikan.

Jembatan Pulau Balang di Kalimantan Timur ini akan menjadi infrastruktur pendukung untuk menuju ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Jembatan yang menghubungkan Kota Balikpapan dengan Kabupaten Penajam Paser Utara ini akan menjadi jalur utama angkutan logistik sekaligus salah satu akses menuju Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara,” tulis keterangan di akun Twitter @KemenPU, dikutip prfmnews.id pada Senin, 16 Mei 2022.

Baca Juga: Bukan Gangguan Jiwa, Wanita Bercadar Putih Minta Maaf dan Akui Punya Utang Pinjol Hingga Nekat Minta Sumbangan

Baca Juga: The Daddies Isyaratkan Terakhir Tanding di Thomas Cup Pada Tahun 2022 Ini, Hendra Setiawan: My Last Thomas Cup

Adapun, Jembatan Pulau Balang yang akan makin mempermudah dan mempercepat waktu tempuh menuju IKN Nusantara ini memiliki tipe cable stayed dengan konstruksi jembatan utama sepanjang 804 meter, jembatan pendekat 167 meter, dan jalan akses sepanjang 1,8 kilometer.

"Konstruksi yang diselesaikan yakni jembatan utama (804 m), jembatan pendekat (167 m), dan jalan akses (1.807 m)," lanjut keterangan akun tersebut.

Jembatan Pulau Balang dibangun atas kerja sama antara Kementerian PUPR dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan Pemerintah Kabupaten Penajam dan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara.

Baca Juga: DPRD Kota Bandung Telusuri Kinerja Dewan Pengawas BUMD

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: KemenPUPR


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x