Vaksin Gratis untuk Seluruh Masyarakat, Jokowi: Saya Akan Jadi Penerima Vaksin yang Pertama

- 16 Desember 2020, 15:25 WIB
Presiden Jokowi sampaikan vaksin corona gratis untuk masyarakat Indonesia
Presiden Jokowi sampaikan vaksin corona gratis untuk masyarakat Indonesia /Tangkapan Layar Youtube.com/Sekretariat Presiden

PRFMNEWS – Presiden Joko Widodo menyatakan kesiapannya untuk disuntik pada gelombang pertama program vaksinasi mendatang. Hal ini katanya untuk memberikan rasa kepercayaan dan keyakinan masyarakat bahwa vaksin itu aman.

"Saya juga ingin tegaskan nanti saya yang akan menjadi penerima pertama di vaksin pertama kali. Hal ini untuk memberikan kepercayaan dan keyakinan kepada masyarakat bahwa vaksin yang digunakan aman," kata dia dalam video yang diunggah Youtube Sekretariat Presiden, Rabu 16 Desember 2020.

Ia pun menegaskan bahwa vaksin Covid-19 digratiskan untuk seluruh masyarakat Indonesia. Sebelumnya pemerintah memang menyediakan dua jalur vaksin yaitu vaksin gratis untuk masyarakat tidak mampu dan jalur vaksin berbayar untuk masyarakat yang menginginkan vaksin secara mandiri.

Baca Juga: Ridwan Kamil Minta Massa Pendukung FPI Tak Datangi Polres: Hukum yang Akan Tentukan Keadilan

Penggratisan vaksin tersebut diakui Jokowi setelah dirinya mendapatkan masukan dari masyarakat dan perhitungan keuangan negara.

"Setelah menerima banyak masukan dari masyarakat dan setelah melakukan kalkulasi ulang melakukan perhitungan ulang mengenai keuangan negara, dan dapat saya sampaikan bahwa vaksin Covid-19 untuk masyarakat adalah gratis. Sekali lagi, gratis, tidak dikenakan biaya sama sekali," ujar Jokowi.

Baca Juga: Gubernur Ridwan Kamil Pertanyakan Sejumlah Hal Saat Penuhi Panggilan Polda Soal Kerumunan HRS

Oleh karena itu, Jokowi pun memerintahkan seluruh jajarannya baik kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah untuk memprioritaskan program vaksinasi pada tahun anggaran 2021.

Halaman:

Editor: Haidar Rais


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x