BREAKING NEWS: Jokowi Tegaskan Vaksin Covid-19 Gratis Bagi Seluruh Masyarakat

- 16 Desember 2020, 14:38 WIB
PRESIDEN Republik Indonesia, Joko Widodo.*
PRESIDEN Republik Indonesia, Joko Widodo.* /Biro Pers, Media dan Informasi (BPMI)


PRFMNEWS - Presiden Joko Widodo menegaskan pemerintah menggratiskan biaya vaksin Covid-19 untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Sebelumnya pemerintah memang menyediakan dua jalur vaksin yaitu vaksin gratis untuk masyarakat tidak mampu dan jalur vaksin berbayar untuk masyarakat yang menginginkan vaksin secara mandiri. Namun kini sudah dipastikan vaksinasi Covid-19 digratiskan oleh pemerintah.

"Setelah menerima banyak masukan dari masyarakat dan setelah melakukan kalkulasi ulang melakukan perhitungan ulang mengenai keuangan negara, dan dapat saya sampaikan bahwa vaksin Covid-19 untuk masyarakat adalah gratis. Sekali lagi, gratis, tidak dikenakan biaya sama sekali," ujar Jokowi dalam video yang diunggah Youtube Sekretariat Presiden, Rabu 16 Desember 2020.

Baca Juga: Soal Pre-Order Vaksin Covid-19, Ini Sikap Tegas Pemerintah

Baca Juga: IAKMI Nilai Vaksin Harus Gratis: Jaminan Hak Atas Kesehatan itu Adalah Hak Asasi Manusia

Oleh karena itu, Jokowi pun memerintahkan seluruh jajarannya baik kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah untuk memprioritaskan program vaksinasi pada tahun anggaran 2021.

Begitu pun kepada Menteri Keuangan, Sri Mulyani, Jokowi meminta untuk memprioritaskan dan merealokasi anggaran lain kepada ketersediaan vaksin gratis.

Dengan keputusan ini, Jokowi ingin tidak ada lagi alasan masyarakat tidak ingin diberi vaksin Covid-19 ketika nanti sudah siap.

Baca Juga: Bio Farma Perkirakan Penyuntikan Vaksin Covid-19 Baru Dimulai Februari 2021

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah