Bantah Isu Viral, Polisi Ungkap Alasan Belum Mampu Tangkap 3 DPO Pelaku Kasus Pembunuhan Vina Cirebon

- 15 Mei 2024, 08:30 WIB
Kabid Humas Polda Jabar Komisaris Besar Jules Abraham Abast di Mapolda Jabar di Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung pada Selasa 7 Mei 2024.
Kabid Humas Polda Jabar Komisaris Besar Jules Abraham Abast di Mapolda Jabar di Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung pada Selasa 7 Mei 2024. /Pikiran Rakyat/Mochamad Iqbal Maulud/

PRFMNEWS – Polisi mengungkap alasan kenapa hingga kini belum bisa menangkap tiga anggota geng motor pelaku pembunuhan Vina dan sang pacar, Eki, warga Cirebon, Jawa Barat (Jabar), yang terjadi pada Agustus 2016. Klarifikasi ini disampaikan lantaran beredar isu viral di media sosial (medsos) bahwa penangkapan 3 pembunuh yang masuk daftar pencarian orang (DPO) tidak dilakukan karena salah satu pelaku buron adalah anak polisi.

Menanggapi isu viral tersebut yang kembali mencuat usai film berjudul “Vina: Sebelum 7 Hari” tayang di bioskop menceritakan kisah tragis korban Vina diperkosa dan dibunuh oleh sejumlah pelaku anggota geng motor di Cirebon pada 2016. Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Jules Abraham Abast pun memberi klarifikasi terkait alasan sesungguhnya 3 DPO masih belum dapat ditangkap hingga 2024 ini.

“Saat ini untuk ketiga tersangka yang berstatus DPO berdasarkan hasil pemeriksaan penyidikan baik di Polres Cirebon Kota maupun Polda Jabar serta di persidangan, tidak ada yang menyebutkan identitas 3 tersangka ini adalah dari keluarga atau anak anggota polisi. Namun, justru korban Saudara Eki atau Rizky yang merupakan anak dari anggota Kepolisian,” ungkap Jules, Selasa 14 Mei 2024.

Baca Juga: Polda Jabar Rilis 3 DPO Pembunuhan Vina Cirebon, ini Ciri-cirinya

Jules menyatakan alasan 3 pelaku pembunuhan Vina Cirebon hingga sekarang belum ditangkap dan masih buron dikarenakan adanya kendala terkait identitas asli mereka. Sejak 2016, imbuhnya, saksi-saksi yang diperiksa polisi termasuk 8 orang rekan tersangka yang telah ditangkap dan divonis hukuman penjara tidak mengetahui nama asli tiga pelaku masuk DPO ini.

“Kami baru menemukan yang namanya inisial Saudara Dani, Andi, dan Pegi alias Perong. Apakah itu nama asli atau nama samaran, ini masih kami telusuri. Jadi kami harap kalau ada berita yang mengatakan bahwa identitas tiga tersangka ini sudah diketahui (penyidik) namun disembunyikan oleh pihak Kepolisian, itu tidak benar,” tegas dia.

Jules mengimbau jika masyarakat mengetahui keberadaan 3 DPO pelaku pembunuhan kasus Vina Cirebon tersebut, maka dapat melaporkan ke pihak Kepolisian agar dapat segera diproses demi pengungkapan seterang-terangnya atas kejadian kriminal ini.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jabar Kombes Pol. Surawan menambahkan bahwa pengejaran 3 DPO pembunuh Vina dan Eki hingga kini masih dilakukan polisi dan tengah dalam pengejaran. Menurutnya, polisi terus berupaya agar penangkapan tiga buron tersebut secepat mungkin dituntaskan.

“Tidak dihentikan, masih kami lakukan penyelidikan dan pengejaran terhadap ketiga pelaku. Secepatnya kita upayakan penangkapan," ujar Surawan.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah