15 Manfaat Kentang untuk Kesehatan, Bisa untuk Mengontrol Gula Darah dan Cocok Jadi Menu Diet Andalan

- 23 Januari 2023, 16:53 WIB
Ilustrasi kentang.
Ilustrasi kentang. /Polina Tankilevitch/Pexels by Polina Tankilevitch

 

PRFMNEWS - Kentang bisa dibilang sebagai salah satu bahan makanan favorit masyarakat luas. Mau itu digoreng, dikukus, atau diolah dengan cara apapun, rasa kentang tetap juara bagi yang mengonsumsinya.

Usut punya usut, ternyata kentang ini punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, lho!

Manfaat kentang sebagai sumber karbohidrat yang baik untuk kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi. Banyak yang menjadikan kentang sebagai sumber karbo pengganti nasi. Ini karena kentang dipercaya memiliki kadar gula yang rendah.

Baca Juga: Manfaat Kentang Dikonsumsi Setiap Hari, Diantaranya Atasi Hipertensi dan Diabetes kata dr. Saddam Ismail

Selain diperkaya dengan nutrisi dan mudah diolah, kentang juga mudah ditemukan di pasar tradisional maupun modern. Bicara mengenai olahan kentang, cara paling sehat mengolah kentang adalah direbus.

Kentang yang direbus biasanya menjadi sumber karbo andalan saat diet. Hal ini bukan tanpa alasan, karena kentang yang direbus hanya mengandung 90 kalori per 100 gram.

Kandungan Nutrisi dalam Kentang

Kandungan karbohidrat pada kentang disimpan dalam bentuk pati, meski ada juga yang sebagian disimpan dalam bentuk gula. Sedangkan kandungan vitamin kentang didominasi oleh vitamin B.

Selain kandungan kentang tinggi karbohidrat, dikutip dari Stylecraze, dalam 100 gram, kandungan gizi dalam kentang adalah:

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x