Selain Lezat, ini 13 Manfaat Jamur Kuping untuk Kesehatan, Bisa Obati Hipertensi dan Kolesterol

- 21 Oktober 2022, 13:45 WIB
Jamur kuping
Jamur kuping /PIXABAY

PRFMNEWS - Jamur kuping (Auricularia polytricha) atau sering disebut lember di daerah Jawa Barat, adalah jamur liar yang dapat dimakan yang kadang-kadang dikenal sebagai jamur pohon atau kuping awan, karena bentuknya yang gelap seperti kuping.

Meskipun sebagian besar ditemukan di China, ia juga tumbuh subur di iklim tropis seperti Kepulauan Pasifik, Nigeria, Hawaii, Indonesia dan India.

Tumbuh di batang pohon dan batang kayu tumbang di alam liar tetapi dapat dibudidayakan juga.

Dikenal karena konsistensinya yang seperti jeli dan kekenyalannya yang khas, jamur hitam adalah bahan kuliner yang populer di berbagai hidangan Asia.

Ini juga telah digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok selama ratusan tahun yang lalu.

Baca Juga: 4 Hal yang Dapat Menyebabkan Kuku Memutih, Salahsatunya Infeksi Jamur

Jamur kuping juga merupakan salah satu jenis jamur yang kerap dijadikan sebagai bahan masakan. Selain ditumis, jamur kuping juga kerap jadi topping sup dan aneka makanan berkuah lainnya. Dibalik rasa lezat dan lembut yang dimilikinya, jamur kuping ini ternyata juga kaya nutrisi sehingga bermanfaat untuk kesehatan. Intip manfaat jamur kuping bagi kesehatan di bawah ini.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Jamur kuping yang memiliki nama latin Auricularia judae ini memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan berupa vitamin B kompleks yang melimpah dalam jamur kuping, berikut dengan berbagai komponen bioaktif bisa membantu untuk memelihara dan meningkatkan fungsi jantung.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x