Wajib Tahu! ini 13 Makanan yang Berubah Jadi Racun Saat Dipanaskan Kembali

- 10 Oktober 2022, 13:45 WIB
Berikut jenis sayuran yang tak baik jika dipanaskan lagi.
Berikut jenis sayuran yang tak baik jika dipanaskan lagi. /Pexels/Cats Coming

PRFMNEWS - Sayuran adalah masakan pelengkap untuk menambah variasi makanan selain lauk pauk seperti daging, ikan, tempe dan tahu. Selain menambah selera sayuran juga mengandung gizi dan kesehatan yang terkandung dalam sayuran.

Namun tidak jarang dengan alasan penghematan dan waktu, ibu-ibu sering memasak sayuran dalam jumlah banyak, sehingga ketika tersisa, dari pada mubazir jika dibuang, maka dimasukkan ke dalam lemari es untuk dimakan esok hari.

Selain menghemat uang, memanaskan makanan sisa memang lebih praktis daripada kita memasak kembali makanan yang baru.

Ternyata, kebiasaan ini berbahaya bagi kesehatan. Beberapa jenis makanan bisa menghasilkan zat beracun saat dipanaskan ulang. Tentunya, hal ini akan berdampak buruk pada kesehatan kita.

Baca Juga: Resep Tumis Sayur Bayam Jagung Manis yang Sehat dan Anti Ribet

Ada jenis sayuran tidak boleh dipanaskan ulang karena bisa berubah menjadi racun, ketika dikonsumsi. Berikut ini beberapa jenis sayuran yang tidak boleh dipanaskan ulang, yuk simak langsung ulasannya:

1. Bayam

Jika kamu masih mempunyai sisa sayur bayam yang tidak habis kamu makan, sebaiknya buang atau makan sisa makanan tanpa dipanaskan lagi. Dilansir dari timesofindia, bayam adalah sayur yang mengandung nitrat tinggi, dapat memberi nutrisi tinggi.

Namun kandungan nitrat itu bisa berubah jadi masalah jika dipanaskan. Nitrat akan melepaskan efek karsinogenik beracun. Setiap kali kamu memanaskan kembali bayam, sayur ini menjadi semakin beracun.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x