5 Cara Makan Buah yang Aman bagi Diabetes, Jangan Ngasal Agar Gula Darah Tak Langsung Naik, Kata dr. Cahyo

- 12 September 2022, 12:45 WIB
Ilustrasi buah-buahan. dr. Cahyo Purnomo ungkap cara makan buah-buahan yang baik bagi penderita diabetes agar gula darah tak naik.
Ilustrasi buah-buahan. dr. Cahyo Purnomo ungkap cara makan buah-buahan yang baik bagi penderita diabetes agar gula darah tak naik. /Ilustrasi//Pixabay

PRFMNEWS – Healthy vlogger dokter Cahyo Purnomo berbagi cara atau tips aman makan buah-buahan bagi penderita diabetes agar kadar gula darah tetap terkontrol usai mengonsumsinya.

Ada lima cara aman makan buah-buahan bagi pasien diabetes yang dipaparkan dr. Cahyo Purnomo sehingga mereka tidak perlu khawatir gula darah langsung melonjak naik setelah menikmatinya.

Menurut dr. Cahyo Purnomo, penderita diabetes boleh bahkan tetap wajib konsumsi buah-buahan sebagai pelengkap nutrisi yang dibutuhkan tubuh yang tidak didapatkan dari jenis makanan lainnya.

Sehingga dr. Cahyo menegaskan, tidak benar bahwa penderita diabetes dilarang makan buah-buahan karena bisa menyebabkan kadar gula darah langsung melonjak naik, apalagi ketika dikonsumsi dengan cara yang benar.

Baca Juga: Buruan Nyetok di Rumah, 5 Buah Segar ini Mampu Membantu Mengecilkan Perut Buncit

“Sering saya temui keluarga penderita diabetes yang melarang ketat keluarganya yang menderita diabetes apabila ingin mengonsumsi buah-buahan. Mereka beralasan, buah bisa jadi salah satu penyebab gula darah meningkat,” katanya, dikutip prfmnews.id dari kanal YouTube dr. Cahyo EDUKES.

“Padahal jika hal ini dibiarkan terus-menerus, maka penderita diabetes akan kekurangan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, di mana nutrisi ini hanya terdapat pada buah dan tidak terdapat pada sumber makanan lain,” sambungnya.

Meski penderita diabetes aman makan buah-buah, dr. Cahyo mengingatkan bahwa orang tersebut tetap harus mengonsumsinya dengan cara yang benar yakni seperti berikut ini:

Baca Juga: Ini Jenis Makanan Terbaik yang Dapat Menstabilkan Gula Darah Penderita Diabetes Kata Ahli Diet

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: YouTube dr. Cahyo EDUKES


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah